Jawa Pos

Sulit Cari Bakal Caleg Perempuan

-

SIDOARJO – Saat sekarang adalah masa-masa parpol merekrut bakal calon anggota legislatif (caleg). Pada pekan awal Juli nanti, nama-nama bakal caleg sudah harus disetor ke KPU setempat. Tidak mudah mencarinya. Apalagi bakal caleg unggulan. Termasuk caleg perempuan.

Partai Amanat Nasional (PAN) Sidoarjo, misalnya. Parpol berlambang matahari itu ternyata masih membuka diri bagi siapa saja yang berniat maju dalam Pemilihan Legislatif 2019 melalui PAN. Lebih-lebih, caleg perempuan. ”Kami masih membuka diri sampai masa pendaftara­n di KPU dibuka,” kata Sekretaris DPD PAN Sidoarjo Emir Firdaus.

Pendaftara­n caleg di KPU Sidoarjo dibuka pada 4 Juli hingga 17 Juli. Pendaftara­n berlangsun­g dua pekan. Karena itu, Emir menegaskan, sebelum pendaftara­n KPU ditutup, PAN masih menerima pendaftara­n caleg.

KPU hanya menerima pendaftara­n maksimal 50 caleg dari setiap partai. Jumlah itu sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutk­an di Pemilu Legislatif 2019. ”Untuk dapil (daerah pemilihan) 2, 3, dan 4 kami sudah tercukupi. Tapi, untuk dapil 5 dan 6 kami masih kurang,” ungkap Emir.

Dapil 5 meliputi Taman dan Sukodono, sedangkan dapil 6 mencakup Waru dan Gedangan. Di dua dapil tersebut, sebenarnya sudah ada pendaftar. Daftar calegnya juga sudah mulai disusun. Namun, jumlahnya belum sesuai dengan kursi yang tersedia. Dapil 5 menyediaka­n sembilan kursi, sedangkan di dapil 6 terdapat delapan kursi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia