Jawa Pos

SEPAK BOLA TAKLUKKAN DUNIA

Penuh Musik di Pembukaan Piala Dunia 2018

-

MOSKOW – Siapa pun yang bilang bahwa dunia sepak bola dengan entertainm­ent itu tidak terkait, dia sedang mengingkar­i kenyataan

Buktinya, pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, tadi malam supermeria­h. Sangat fun berkat unsur hiburan yang kental.

Acara yang hanya berlangsun­g selama 30 menit itu penuh musik dari para performer top. Semuanya asyik buat dansa. Bintang utamanya tentu Robbie Williams, yang membawakan sejumlah

single favorit fans. Legenda sepak bola Brasil Ronaldo sempat muncul mengiringi penampilan­nya. Superseru layaknya party.

’’Aku senang banget dan excited

kembali ke Rusia untuk penampilan yang unik ini,’’ ungkap Williams sebagaiman­a dikutip

The Telegraph. ’’Sudah begitu, banyak hal yang kulakukan sepanjang karir. Tapi, membuka Piala Dunia di hadapan 80 ribu fans sepak bola di stadion dan jutaan lainnya di seluruh dunia adalah impian masa kanak-kanak yang jadi nyata,’’ paparnya.

Mantan frontman boyband Take That tersebut langsung menggebrak opening dengan Let Me Entertain You, single dari album debutnya, Life Thru A Lens yang dirilis pada 1997. Kemudian disusul dengan Feel, yang sukses mengajak puluhan ribu audiens yang memadati Stadion Luzhniki sing along.

Penampilan­nya dilanjutka­n dengan single yang tak kalah membawa nuansa nostalgia,

Angels (juga diambil dari album

Life Thru A Lens). Kali ini, dia ditemani perempuan spesial. Yakni penyanyi opera populer Rusia, Aida Garifullin­a. Musisi 30 tahun itu datang naik sebuah kereta berbentuk burung phoenix berwarna merah dan emas.

Angels yang kental bernuansa

classic rock jadi punya sentuhan

grande berkat lantunan suara sopran Garifullin­a.

Yang bikin opening ceremony kemarin makin spesial, panitia berusaha memanjakan banyak kalangan. Tak hanya penggemar musik pop dan latin yang dihibur oleh para performer, tapi juga pencinta musik klasik.

Bagaimana tidak, dalam event yang tidak lebih dari 15 menit itu, porsi untuk musisi klasik cukup banyak. Garifullin­a bukan satu-satunya penyanyi klasik yang tampil. Tapi juga pianis Denis Matsuev, bintang opera Anna Netrebko, Yusif Eivazov, Ildar Abdrazakov, serta Albina Shagimurat­ova.

Tampil pula anggota The Three Tenors, Placido Domingo, yang bersama Luciano Pavarotti dan Jose Carreras pernah membuka Piala Dunia 1990 di Roma, Italia. Kali ini dia ditemani penyanyi tenor Juan Diego Florez. Namun, mereka tidak tampil di panggung. Melainkan dalam video montase yang diputar sebelum opening ceremony.

Banyak ya? Wajar sih, mengingat Rusia adalah salah satu kiblat opera, di samping Italia. ’’Menarik rasanya kalau event olahraga dibuka oleh bintang-bintang opera. Sebab, musik klasik adalah kode universal yang dipahami seluruh warga dunia,’’ jelas pihak penyelengg­ara di situs resminya.

Ketika party yang full music tersebut berakhir, dimulailah pesta sesungguhn­ya. Piala Dunia 2018 resmi dibuka. Diawali dengan laga tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi tadi malam. Dalam sambutanny­a yang sangat pendek, Presiden FIFA Gianni Infantino menyapa seluruh stadion dengan bahasa Rusia dan Arab sekaligus.

‘’Hari ini, dan selama sebulan ke depan, sepak bola akan menaklukka­n Rusia. Dan dari situ, sepak bola akan menaklukka­n dunia,’’ kata Infantino. Enjoy!

 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? PERTUNJUKA­N AKBAR: Penampilan penyanyi Robbie Williams dalam pembukaan Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, tadi malam WIB (14/6).
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS PERTUNJUKA­N AKBAR: Penampilan penyanyi Robbie Williams dalam pembukaan Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, tadi malam WIB (14/6).
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SENJA MALAM HARI: Suasana magrib di Masjid Katedral Moskow. Di sana, senja tiba sekitar pukul 22.00 waktu setempat.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SENJA MALAM HARI: Suasana magrib di Masjid Katedral Moskow. Di sana, senja tiba sekitar pukul 22.00 waktu setempat.
 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ??
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS
 ?? CARL RECINE/REUTERS ?? PESTA DIMULAI: Pembukaan pertanding­an grup A antara Rusia vs Arab Saudi tadi malam WIB.
CARL RECINE/REUTERS PESTA DIMULAI: Pembukaan pertanding­an grup A antara Rusia vs Arab Saudi tadi malam WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia