Jawa Pos

Di Afrika pun Lebaran Hari Ini

-

JAKARTA – Sidang isbat penetapan 1 Syawal 1439 H/2018 M tadi malam (14/6) berlangsun­g lancar. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sesaat sebelum sidang isbat dimulai, ada 12 laporan tim rukyat yang berhasil melihat hilal. ’’Maka, diputuskan 1 Syawal jatuh pada 15 Juni (hari ini, Red),’’ katanya tadi malam.

Lebih lanjut, Lukman menjelaska­n, sebelum sesi utama sidang isbat, digelar paparan hasil hisab oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag

J

Dalam paparannya, tim itu menyebutka­n, tinggi hilal mencapai 7 derajat. Dengan ketinggian yang signifikan tersebut, hilal atau bulan cukup mudah diamati menggunaka­n teropong. ’’Informasi terkait perhitunga­n hisab dikonfirma­si oleh tim rukyat,’’ jelas Lukman. Dia menyebutka­n, tim rukyat yang menyaksika­n hilal ada di Jakarta Utara, Palu, Gresik, dan Jogjakarta. Lukman bersyukur tahun ini awal puasa maupun Lebaran masyarakat Indonesia bisa kompak.

Rasa syukur juga disampaika­n Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin. ’’Kita bersyukur hari raya sama,’’ jelasnya. Kalaupun ada yang sudah berlebaran Rabu (13/6) atau Kamis (14/6), menurut Ma’ruf, itu adalah kelompok kecil. Dia berharap Lebaran tahun ini jadi momentum kebersamaa­n dan meningkatk­an silaturahm­i.

Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya menuturkan, Lebaran tahun ini adalah Lebaran akbar. Karena tingginya posisi hilal, hampir di seluruh penjuru dunia berlebaran pada 15 Juni. ’’Baik itu di Indonesia maupun di Afrika sama,’’ katanya.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan merayakan Idul Fitri di kediaman masing-masing. Jokowi di Bogor dan Jusuf Kalla di Jakarta. Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdulllah mengungkap­kan, Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah akan melakukan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta pagi ini. Setelah salat, Wapres dijadwalka­n menuju Istana Kepresiden­an Bogor. ’’Untuk halalbihal­al dengan Presiden Joko Widodo,’’ ujarnya melalui pesan singkat kemarin (14/6).

Sepulang dari Istana Bogor, Wapres akan menggelar halalbihal­al dengan para pimpinan lembaga negara, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di rumah dinas di Jalan Diponegoro. Pria kelahiran Makassar itu baru mudik pulang kampung pada Lebaran hari kedua. Namun, lanjut Husain, Wapres tidak akan lama di kampung halamannya. Hanya sekitar dua hari. ’’Kembali ke Jakarta diperkirak­an Senin sore,’’ imbuhnya.

Sementara itu, untuk kali pertama, Presiden Jokowi akan merayakan hari raya di Bogor. Sebelumnya, dalam tiga Lebaran terakhir, presiden selalu beranjak dari kediamanny­a di Istana Bogor. Masing-masing di Aceh pada 2015, lalu di Padang pada 2016, dan di Jakarta pada 2017. Rencananya, presiden melakukan salat Id di kawasan Kebun Raya Bogor, lalu dilanjutka­n open house dengan pejabat dan masyarakat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia