Jawa Pos

Tetap Sibuk saat Libur Lebaran

-

SURABAYA – Tambahan cuti Lebaran tidak berpengaru­h bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Indonesia. Termasuk Surabaya dan Sidoarjo. Tahap pilkada serentak tetap berjalan sesuai timeline dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2017. Kini mereka berfokus pada pendistrib­usian logistik.

Kesibukan tampak di kantor KPU Surabaya dan Sidoarjo kemarin (14/6). Pada H-1 Idul Fitri, para staf KPU diturunkan untuk menyortir sampul formulir pemilihan. Komisioner KPU Surabaya Miftakhul Gufron menjelaska­n, seluruh formulir siap diambil panitia pemilihan kecamatan (PPK). ’’Hari ini kami masih distribusi untuk logistik kecamatan, terutama kelengkapa­n TPS,’’ ujarnya kemarin.

Selain sampul formulir, mereka siap mendistrib­usikan alat-alat lain yang dibutuhkan. Antara lain, bilik dan kotak suara. Gufron menyatakan, PPK diminta memastikan kembali kelengkapa­n yang diserahkan ke setiap kecamatan. Formulir C6 sudah didistribu­sikan ke masing-masing kecamatan kemarin.

KPU Surabaya juga meminta PPK segera menyampaik­an surat pemberitah­uan atau undangan pemungutan suara bagi pemilih. Pemberian undangan itu harus diselesaik­an maksimal H-3. ’’Jadi, pada 24 Juni harus diterima. Yang urgen saat ini memang surat pemberitah­uan itu,’’ kata komisioner divisi keuangan dan logistik tersebut.

KPU Surabaya terus melakukan pendistrib­usian meski terbentur masa cuti bersama. Sebab, penyelengg­araan pemungutan suara untuk pilkada tinggal menghitung hari. Tepatnya 12 hari mendatang. Setelah masa cuti Lebaran, mereka masih punya tanggungan melaksanak­an bimbingan teknis dan evaluasi sekali lagi. Pendistrib­usian logistik dibatasi hingga kemarin, kemudian berlanjut setelah H+1. Meski begitu, ada proses lain yang tetap mereka jalankan.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menjelaska­n, mereka dijadwalka­n menghitung rekapitula­si daftar pemilih hasil pemutakhir­an (DPHP) mulai hari ini (15/6). DPHP tersebut akan dihitung sebagai daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 2019.

 ?? BOY SLAMET / JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KEJAR DEADLINE: Tenaga pelipatan surat suara Pilgub Jatim di aula KPU Sidoarjo. Foto kanan, Ketua Divisi Keuangan dan Logistik KPU Surabaya Miftakhul Gufron mengepak formulir C6 dan kelengkapa­nnya.
BOY SLAMET / JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS KEJAR DEADLINE: Tenaga pelipatan surat suara Pilgub Jatim di aula KPU Sidoarjo. Foto kanan, Ketua Divisi Keuangan dan Logistik KPU Surabaya Miftakhul Gufron mengepak formulir C6 dan kelengkapa­nnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia