Jawa Pos

Harus Lebih Menggigit

-

EKATERINBU­RG – Uruguay sudah dua kali menjadi kampiun di Piala Dunia. Namun, mereka punya rekor buruk di laga perdana Piala Dunia. Sejak 1970, tim berjuluk La Celeste atau Biru Langit itu tak pernah menang di laga awal. Perinciann­ya, tiga kali kalah dan tiga kali seri. Apakah rekor buruk itu berlanjut?

Kans untuk mengakhiri­nya terbuka malam nanti ketika mereka menghadapi Mesir (tayangan langsung Trans TV pukul 19.00 WIB). Sebab, Uruguay datang dengan performa yang lebih garang. Mereka menuai tiga kemenangan dan belum pernah kebobolan dalam laga uji coba sepanjang tahun ini. Bandingkan dengan Mesir yang justru tak pernah menang sepanjang tahun ini. ’’Kami selalu punya problem di laga perdana. Tapi, kali ini saya yakin bisa tampil lebih menggigit,’’ kata Oscar Tabarez, pelatih Uruguay, kepada Reuters.

Beban Uruguay seharusnya lebih

13 21

ringan. Itu jika Mohamed Salah tak masuk skuad. Sebagaiman­a diketahui, bomber timnas Mesir tersebut sempat mengalami cedera dislokasi bahu pada final Liga Champions (27/5). Tim medis saat itu memprediks­i Salah baru bisa tampil pada matchday ketiga grup A. Namun, prediksi itu meleset. Kemarin pelatih timnas Mesir Hector Cuper member sinyal bakal menurunkan Salah.

’’Saya bisa mengatakan bahwa Salah hampir 100 persen bisa dimainkan. Kecuali ada faktorfakt­or yang tak terduga pada menit-menit akhir,’’ kata Cuper. ’’Kami akan mencoba membuatnya merasa percaya diri. Tim medis memberinya pilihan untuk bermain atau tidak. Tapi, saya mengenal Salah dengan sangat baik. Dia tidak takut. Kami selalu tahu kami menjalanka­n risiko saat memainkan pertanding­an. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa kami hindari,’’ lanjut pelatih asal Argentina itu.

Kalau toh belum siap menjadi 21 STADION 9 10 6 15 8 starter, Cuper mungkin memainkan Salah sebagai pengganti. ’’Tapi, jika dia memutuskan untuk bermain, dia akan memiliki jaminan penuh pada kondisi fisiknya. Dan, saya yakin dia baikbaik saja. Jika ternyata ada masalah pada menit terakhir, kami akan mempertimb­angkannya dan melihat apakah itu dapat diatasi,’’ bebernya.

Jika Salah tampil, Diego Godin dan Jose Maria Gimenez yang mengawal lini pertahanan Uruguay bakal bekerja lebih ekstra. Untung, motivasi Gimenez sedang membubung. Itu seiring dengan kabar positif yang dia terima dari markas Atletico Madrid. Kontrak bek 23 tahun itu telah diperpanja­ng hingga 2023 dengan nilai pelepasan mencapai 120 juta euro.

’’Saya hanya berusaha untuk selalu lebih baik dari hari ke hari, musim ke musim,’’ kata Gimenez soal alasan klubnya memperpanj­ang durasi masa kerjanya. 4 2

1

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia