Jawa Pos

Federer Siap Menuju Wimbledon

-

STUTTGART – Setelah break dari seluruh kompetisi lapangan tanah liat tahun ini, Roger Federer kemarin melakukan game pertamanya dalam tiga bulan terakhir di ajang lapangan rumput Stuttgart Open. Sempat takluk di set pertama, petenis ranking dua dunia itu bangkit mencuri dua set terakhir.

Federer akhirnya sukses menyisihka­n petenis tuan rumah Mischa Zverev dengan skor 3-6, 6-4, 6-2. Pertanding­an berlangsun­g di Tennis Club Wissenhof, Stuttgart. ’’Tiga bulan itu sangat panjang. Lebih lama dari jeda akhir musim. Karena itu, saya bersyukur bisa kembali dengan meraih hasil baik ini,’’ ujar Federer sebagaiman­a dilansir ESPN.

Ini menjadi tahun kedua berturut-turut pengumpul trofi grand slam terbanyak di tunggal putra itu (20 gelar) melewati seluruh turnamen tanah liat. Tujuan Federer tidak lain agar bisa tampil lebih maksimal di lapangan rumput, terutama grand slam Wimbledon. Ajang mayor lapangan rumput tersebut tahun ini berlangsun­g mulai 2 Juli.

Tahun lalu strategi tersebut sukses besar. Saat itu Federer membawa pulang trofi Wimbledon kedelapan. Bukan hanya itu, usai melewati seluruh ajang tanah liat, dia sukses memenangi tiga trofi lain. Yakni, Halle Open, Shanghai Masters, dan Swiss Indoors.

’’Ini start yang sangat baik. Saya memang melewatkan beberapa kesempatan di set pertama. Namun, setelah itu saya mulai menemukan ritme,’’ ucap Federer.

Hasil itu membuat Federer langsung melaju ke perempat final. Pada babak tersebut, lawan yang akan dihadapi adalah pemenang dari partai antara Guido Pella dan Prajnesh Gunneswara­n.

Sebelum istirahat total selama tiga bulan terakhir, di awal musim Federer sudah mengentak lawanlawan­nya dengan memenangi trofi grand slam Australia Terbuka keenamnya pada Januari. Ada satu ajang lagi yang sudah dimenangi tahun ini, yakni Rotterdam Open. Total rekor Federer adalah 17-2 musim ini.

Kemenangan atas Mischa yang merupakan kakak kandung ranking tiga dunia saat ini, Alexander Zverev, juga membuat Federer tercatat selalu menumbangk­an ranking 50 dunia itu dalam lima kali pertemuan. Di empat pertemuan sebelumnya, Federer selalu menang tanpa kehilangan satu set pun.

Setelah tampil di Stuttgart, Federer bakal mengikuti ajang

Halle Open yang start pada

18 Juni. Itu sekaligus menjadi pemanasan terakhirny­a sebelum tampil di grand slam Wimbledon.

 ?? ATP ?? KEMBALI: Roger Federer mengembali­kan bola dari petenis Jerman Mischa Zverev pada pertanding­an babak pertama Stuttgart Open di Tennis Club Wissenhof, Stuttgart, kemarin.
ATP KEMBALI: Roger Federer mengembali­kan bola dari petenis Jerman Mischa Zverev pada pertanding­an babak pertama Stuttgart Open di Tennis Club Wissenhof, Stuttgart, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia