Jawa Pos

Air Mati Mengancam saat Lebaran

-

SURABAYA – Sebagian warga di wilayah barat Surabaya terancam menghabisk­an Lebaran tanpa aliran air PDAM. Itu tidak lepas dari imbas penyambung­an pipa PDAM yang terdampak pengerjaan box culvert (beton gorong-gorong) di Sememi. Penyambung­an sebenarnya tuntas sejak Selasa (12/6). Namun, hingga kemarin air di sejumlah wilayah di Kecamatan Benowo dan Pakal belum normal.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Surabaya Minun Latif tinggal di Sumberejo Pakal. Air di daerah tempat tinggalnya memang bermasalah sejak bertahunta­hun. Lebih sering macet ketimbang mengalir. Namun, gara-gara permasalah­an pipa berdiamete­r 400 mm itu, airnya malah mati total. ’’Warga Babat Jerawat, Krajan, Sumber Rejo, Sumber Jaya, telepon ke saya. Kok air mati semua?’’ tutur mantan camat Lakarsantr­i tersebut.

Minun sudah berkali-kali melapor ke PDAM. Dia memahami kondisi perpipaan yang memang rusak. Karena itu, dia hanya bisa meminta bantuan air tangki ke rumahnya, masjid, dan rumah warga-warga yang tidak dapat air.

Air memang menjadi barang langka sejak sepekan menjelang Lebaran. Warga hanya bisa mengharapk­an bantuan air tangki dari PDAM. Sebab, sumur di wilayah tersebut payau. Jika membeli air tangki, harganya mahal.

Minun berharap PDAM segera menuntaska­n permasalah­an itu. Bukan hanya saat Lebaran. Dia mengatakan, masyarakat butuh air lancar setiap hari sebagaiman­a warga tengah kota. ’’Biar adil. Yang pinggir-pinggir ini juga sama-sama butuh air,’’ jelasnya.

Direktur Operasiona­l (Dirop) PDAM Surya Sembada Dody Soedarjono menuturkan bahwa air sudah dialirkan ke wilayah terdampak. Sebab, pipa tersambung sejak tiga hari lalu. ’’Kemarin dibuka pukul 9 malam sampai pukul 1 dini hari,’’ jelas alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Dody memprediks­i air di wilayah tersebut berangsur normal saat Lebaran. PDAM membuka aliran air dari wilayah selatan di daerah Made. Karena banyak warga yang mudik, air yang dialirkan seharusnya cukup.

Jika masih ada yang belum mendapatka­n air, PDAM sudah menyiapkan seluruh armada truk tangki. Saat ini ada 140 armada yang siap melayani keadaan darurat. ’’Tidak libur. Kami pastikan tidak ada warga yang kesulitan air saat Lebaran,’’ papar Manajer Humas PDAM Agus Subagiyo.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TUNGGU PERBAIKAN: Pipa sambungan air PDAM yang jebol di proyek box culvert Sememi.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TUNGGU PERBAIKAN: Pipa sambungan air PDAM yang jebol di proyek box culvert Sememi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia