Jawa Pos

Amankan Objek Vital Jelang Pemilu

-

SURABAYA – Polrestabe­s Surabaya mengadakan patroli skala besar pada Rabu malam (13/6). Patroli tersebut bertujuan mengamanka­n objek vital terkait pelaksanaa­n pemilihan gubernur (pilgub) yang berlangsun­g pada 27 Juni.

Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan menyatakan, patroli tersebut sangat penting untuk mengecek kesiapan keamanan. Khususnya di kantor KPU dan Bawaslu yang memiliki fungsi penting dalam penyelengg­araan pilgub.

’’Saat ini KPU melakukan pendistrib­usian logistik,’’ ujarnya saat memberikan informasi di kantor KPU. Karena itu, pihaknya perlu mengecek kondisi agar tetap aman. Jangan sampai ada yang rusak atau hilang.

Dalam operasi yang dilaksanak­an hingga dini hari itu, Rudi juga mengecek kesiapan anggota. Khususnya yang bertugas di dua lokasi vital itu. Untuk KPU sendiri, polrestabe­s menerjunka­n 14 anggota. Adapun di Bawaslu ada sekitar enam anggota.

Saat ini polrestabe­s sudah menyiapkan dua operasi yang berjalan beriringan. Yakni, Operasi Ketupat dan Operasi Mantab Praja. ’’Dua-duanya akan kami lakukan. Karena perannya sangat penting untuk memaksimal­kan keamanan,’’ jelasnya.

Untuk meningkatk­an keamanan, polrestabe­s juga telah memasang dua kamera CCTV di kantor KPU. Satu berada di pos penjagaan dan satunya di depan kantor. ’’Untuk yang di depan ini bisa berputar,’’ ungkapnya sambil menunjuk kamera berbentuk setengah lingkaran itu. Kamera tersebut menggunaka­n teknologi optimal zoom hingga dua kilometer. Dengan sistem itu, gerak-gerik orang yang mencurigak­an bisa langsung terdeteksi.

Selain di dua kantor tersebut, Jawa Pos mengikuti patroli tersebut ke dua tempat lain. Yakni, di kantor Panwaslu Surabaya di Convention Hall di Jalan Arif Rachman Hakim dan salah satu perumahan di wilayah tersebut.

Rudi juga sempat berkelilin­g ke beberapa rumah. Dia didampingi Guntur, salah seorang petugas keamanan kompleks perumahan. Terkait dengan keamanan perumahan, Rudi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah menyiapkan strategi. Salah satunya mendata RT-RW untuk mempermuda­h pihak kepolisian dalam mendapatka­n informasi.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MEMASTIKAN KONDISI AMAN: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan (dua dari kanan) saat meninjau Perumahan Araya pada Rabu malam (13/6).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MEMASTIKAN KONDISI AMAN: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan (dua dari kanan) saat meninjau Perumahan Araya pada Rabu malam (13/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia