Jawa Pos

BEBAN DI PUNDAK BUBU

-

Laporan

• CANDRA WAHYUDI • ANGGER BONDAN • AINUR ROHMAN

dari Moskow

SOCHI – Fernando Hierro bukan pesulap. Hierro butuh lebih dari sekadar ’’simsalabim’’ saat mengawali tugasnya sebagai entrenador Spanyol. Hierro ditunjuk sebagai arsitek setelah RFEF atau Federasi Sepak Bola Spanyol resmi mendepak Julen Lopetegui Rabu malam WIB (13/6).

Nah, beban berat sekarang ada di pundak pria yang akrab disapa Bubu itu. Sebab, Spanyol langsung menjalani big match melawan Portugal di Fisht Olympic Stadium, Sochi, dini hari nanti WIB (siaran langsung Trans TV pukul 01.00 WIB).

’’Tak akan mudah menyamai pekerjaan sepanjang dua tahun dengan waktu yang hanya dua hari,’’ kata Hierro dalam wawancaran­ya dengan Marca. Ya, dua tahun Lopetegui menyiapkan skuad Piala Dunia-nya. Sementara itu, Hierro baru pindah jabatan dari direktur olahraga RFEF, lantas jadi tactician Spanyol.

Makanya, mantan kapten Real Madrid itu menyebut akan tetap melanjutka­n semua program yang sudah dijalankan Lopetegui. Salah satunya dari sisi taktik yang dipakai. Di sisi lain, Lopetegui meninggalk­an Krasnodar bersama Pablo Sanz, tangan kanannya. Namun, di kamp latihan Spanyol masih ada staf pelatih lainnya.

Di antaranya, kiper Juan Manuel Ochotorena dan trainer Francisco Javier Minano Espin. ’’Selain itu, saya tiap hari melihat seperti apa latihan dan permainan mereka. Intinya, di tim ini mereka harus jadi dirinya sendiri,’’ kata Hierro. Selain dua staf pelatih yang tersisa

era Lopetegui, ada Albert Celades, pelatih timnas U-21.

’’Besok (hari ini) Juan Carlos Martinez (pelatih fisik) plus Julian Calero (asisten pelatih) akan bergabung,’’ tambah Hierro. Sekalipun sebagai pengganti, Hierro meminta skuadnya tetap bermain dengan komitmen yang sama. Salah satunya memanaskan persaingan juara pada Piala Dunia kali ini.

’’Harus kompetitif di tiga laga (fase grup) dan mampu mencetak tiga atau empat gol. Ini yang kami inginkan dan harus dimulai di laga pertama,’’ ungkapnya. Meski tidak punya pengalaman melatih, Hierro pernah jadi asisten pelatih di Real ketika dibesut Carlo Ancelotti pada 2014.

Yang terpenting, Hierro sudah mendapat dukungan dari dua pentolan timnas Spanyol, Sergio Ramos dan Gerard Pique. Dua center back

Spanyol itu meminta pro dan kontra disudahi terkait dengan Lopetegui. ’’Kami tetap timnas yang sama, mewakili lambang yang sama, warna yang sama, satu gairah, dan satu bangsa. Ini tanggung jawab dan komitmen bersama,’’ ucapnya dalam akun Twitter-nya.

Akankah ini jadi kans besar Portugal membekuk Spanyol untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia? Winger Portugal Bernardo Silva menyebutka­n, pemecatan Lopetegui tidak akan menggoyahk­an performa Ramos dkk. ’’Mereka skuad yang berpengala­man. Mereka sudah terlatih menghadapi situasi seperti ini,’’ ungkap Bernardo kepada A Bola.

Sebaliknya, winger Manchester City itu menilai kondisi berbeda bisa dialami skuadnya. Portugal tidak akan siap jika berada dalam situasi seperti Spanyol.

 ??  ?? MELAWAN REKAN: Isco (kanan) harus berduel dengan rekannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, pada laga perdana grup B dini hari nanti WIB.
MELAWAN REKAN: Isco (kanan) harus berduel dengan rekannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, pada laga perdana grup B dini hari nanti WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia