Jawa Pos

Sebar Kupon Voucher Tipu-Tipu

-

PELAKU penipuan bermodus bagi-bagi voucher lewat pengisian survei masih saja terjadi. Meski modus itu kerap terjadi, masih banyak yang percaya dan menyebarka­nnya lewat WhatsApp. Yang ditemukan Jawa Pos kemarin ialah voucher gratis dari Alfamart.

Alfamart untuk hari peringatan­nya memberi voucher gratis total Rp 3.000.000 Cepat, yang bagus terbatas. Saya baru saja mendapatka­n saya https://nextpromo. club/id-alfa. Begitulah pesan tipuan itu. Pesan tersebut memanfaatk­an situs yang terindikas­i phising. Sebuah metode penipuan untuk mendapatka­n identitas atau akun targetnya.

Ya, situs tersebut sebenarnya hanya berupaya mengumpulk­an data nomor ponsel sebanyakba­nyaknya. Sebab, syarat untuk mendapatka­n voucher gratis yang ditawarkan, korban memang harus membagikan link di atas via WhatsApp. Jawa Pos sempat berusaha mengakses link yang disediakan.

Di sana ada beberapa pilihan ganda yang harus dijawab user. Apa pun jawaban Anda, hasilnya tetap saja. Di bagian akhir, Anda diminta membagikan link yang sudah disediakan ke 30 teman atau grup WhatsApp. Setelah berbagi, Anda akan secara otomatis diarahkan untuk mendapatka­n voucher. Anda akan menerima voucher dalam 5 menit. Begitu bunyi pesan penipuan tersebut.

Nah, jangan sekali-kali menuruti perintah itu jika tidak ingin gigit jari. Sebab, meski Anda menyebarka­n link itu ke seluruh kontak WhatsApp, tetap saja tidak akan pernah muncul voucher yang dijanjikan. Situs itu sendiri beberapa kali menyebarka­n penipuan serupa. Yang terdeteksi, mereka pernah membuat penipuan bagibagi kupon KFC senilai Rp 150 ribu.

 ?? ILUSTRASI: ERIE DINI/JAWA POS ??
ILUSTRASI: ERIE DINI/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia