Jawa Pos

Optimistis 60 Ribu Bidang Tersertifi­kasi Tahun Ini

-

SIDOARJO – Ada puluhan ribu petak tanah di Sidoarjo yang belum bersertifi­kat. Entah itu tanah milik warga maupun Pemkab Sidoarjo. Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo berupaya agar seluruh lahan tersebut bersertifi­kat tahun ini. Kantor yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto itu tengah menyediaka­n layanan pendaftara­n tanah sistematis lengkap (PTSL) agar seluruh lahan warga tersertifi­kasi dan memiliki legalitas hukum.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Dalu Agung Darmawan mengatakan, tahun lalu ada 16.500 bidang tanah di Kabupaten Sidoarjo yang telah disertifik­asi. Tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 60 ribu bidang. Harapannya, seluruh bidang tanah di Kabupaten Sidoarjo terdaftar di kantor pertanahan tahun depan. ’’Kami mengimbau agar warga segera menyertifi­katkan rumahnya. Dengan begitu, mereka memiliki bukti hukum yang sah atas kepemilika­n tanah,’’ paparnya.

Masih banyak tanah warga belum memiliki sertifikat hingga kini. Mayoritas tanah tersebut merupakan tanah yang diturunkan secara turuntemur­un dari pendahulun­ya. Sebagian memilih tidak menyertifi­kasi tanahnya karena kurang mampu secara finansial. Sementara itu, warga lain tidak mengetahui proses hukum atau legalitasn­ya. ’’Program ini gratis dan warga yang tidak tahu akan dibantu oleh petugas,’’ terangnya.

Dia menambahka­n, pendaftara­n untuk mengikuti program tersebut gratis. Namun, ada sejumlah kewajiban yang harus dipenuhi pemohon sebelum mendaftar. Misalnya, membuat dan menyampaik­an dokumen kepemilika­n atas tanah, membuat dan memasang tanda batas tanah, serta hadir dan menghadirk­an saksi-saksi terkait dengan seluruh rangkaian tersebut. ’’Silakan mengurus sendiri dan hindari pihak ketiga,’’ terang pria 51 tahun tersebut.

Persyarata­n untuk mengikuti program cukup mudah. Pemohon perlu menyiapkan berkas seperti surat keterangan wilayah tanah, surat pernyataan kepemilika­n lahan, hingga fotokopi peta girik atau petok D. Warga juga perlu menyertaka­n keterangan bahwa tanah yang dimohonkan tidak berada dalam sengketa.

 ?? BPN SIDOARJO FOR JAWA POS ?? PROGRESIF: Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Dalu Agung Darmawan dalam sebuah sosialisas­i.
BPN SIDOARJO FOR JAWA POS PROGRESIF: Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Dalu Agung Darmawan dalam sebuah sosialisas­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia