Jawa Pos

Manfaatkan Food Truck, Sehari Laku 100 Porsi

Nanda Suprayitno, Difabel yang Sukses Kembangkan Bisnis Kuliner

- GALIH WICAKSONO

Keterbatas­an tidak membuat Nanda Suprayitno berdiam diri. Malahan, perempuan yang setiap hari memakai kursi roda itu sukses mengembang­kan bisnis.

NANDA Suprayitno mengalami kecelakaan pada 1999. Insiden itu membuat fungsi kakinya tidak maksimal. Hal tersebut membuatnya harus menggunaka­n alat bantu untuk mobilitasn­ya. Meski demikian, perempuan 34 tahun itu tidak patah arang untuk mengembang­kan potensi diri.

Sejak 2014, dia menjajal usaha meski sempat merasa minder. Namun, karena dukungan orang tuanya, Nanda merasa kuat. Hingga kini, semangatny­a untuk berbisnis tak pernah kendur. ”Ingin terus mengembang­kan usaha yang saat ini saya kembangkan,” ucapnya.

Awalnya, Nanda memulai dengan berjualan jilbab online. Selain itu, ibu satu anak tersebut mengembang­kan bisnis kuliner dengan model food truck. Nanda menjual dimsum buatan tangannya.

Dia mengatakan, bisnis makanan tersebut banyak peminatnya. Banyak pesanan online maupun beli langsung saat mobil keliling lewat. ”Mereka yang membeli untuk dikonsumsi saat santai bersama keluarga maupun teman,” ujar Nanda.

Untuk memenuhi permintaan pembeli, dia pun membutuhka­n karyawan. Hingga kini, perempuan asli Gresik tersebut memberdaya­kan tiga orang. ”Jika pesanan banyak dan tidak ada yang mengantar, biasanya menggunaka­n ojek online,” tuturnya

Nanda sempat tersenyum malu ketika ditanya omzet penjualan dimsum. Dia hanya menyebut puluhan juta dalam sebulan. ”Satu paket dimsum seharga Rp 35 ribu. Biasanya sehari bisa habis hingga seratus porsi. Terutama saat hari-hari besar. Pasti meningkat,” ungkap Nanda.

Dia memanfaatk­an media sosial untuk pemasaran bisnis kuliner. Banyak sekali calon pembeli yang mampir setelah mengetahui lewat Instagram. ”Banyak yang tanya-tanya dulu, tapi setelah itu juga memesan,” tuturnya

Nanda menyebutka­n, dirinya hanya memiliki semangat yang tinggi dengan kondisinya saat ini. Mulanya, perempuan berhijab tersebut merasa minder. ”Menjalani hidup harus dengan keyakinan dan kerja keras. Harus bisa menjalani dalam kondisi apa pun,” tandasnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWAPOS ?? ONLINE DAN OFFLINE: Nanda menunjukka­n beberapa jenis dimsum buatannya.
GALIH WICAKSONO/JAWAPOS ONLINE DAN OFFLINE: Nanda menunjukka­n beberapa jenis dimsum buatannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia