Jawa Pos

Eksotika Bromo 2018

-

SETELAH sukses penyelengg­araan Eksotika Bromo 2017 dan menjadikan 100 Wonderful Events Indonesia 2018 pilihan Kementeria­n Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Kemenpar kembali mengadakan event yang sama: Eksotika Bromo 2018. Kali ini cakupannya lebih luas. Tidak hanya menyasar pariwisata dan kesenian, tapi juga menumbuhka­n ekonomi kreatif masyarakat sekitar Gunung Bromo. Event itu dilangsung­kan 28–30 Juni pada pra-Yadnya Kasada.

Sejumlah kesenian lokal dan masal disiapkan. Di antaranya, Topeng Hudoq Dayak (Kaltim), Musik Kereta Daul Lanceng Senopati (Pamekasan), Topeng Dongkrek Condro Budoyo (Madiun), Musik Bale Ganjur (Probolingg­o), Jaranan Slining (Lumajang), Reog Ponorogo, parade Jaranan Tengger, Sendratari Kidung Tengger, pembacaan puisi Nyawiji oleh artis Olivia Zalianty, nyanyi lagu Tanah Air oleh Pritta Kartika, dan sebagainya.

Pada 30 Juni dini hari dilangsung­kan upacara Yadnya Kasada. Sebelumnya, pada 28 Juni, diselengga­rakan Melukis On The Spot oleh Komunitas Lukis Surabaya dan Pasuruan. (*)

 ?? MAMUK ISMUNTORO FOR JAWA POS ??
MAMUK ISMUNTORO FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia