Jawa Pos

Mercedes Tak Terbendung

Ferrari Bakal Melawan di Race

- BOBBY ARIFIN dan JUN QIAN

MARSEILLE – Mesin baru Mercedes langsung membawa dampak nyata di GP Prancis. Mendominas­i di semua sesi latihan bebas, tadi malam dua pembalap tim Silver Arrows juga menguasai babak kualifikas­i. Bintang Mercedes Lewis Hamilton merengkuh pole position ketiganya musim ini.

Hamilton menjadi yang tercepat di sesi kualifikas­i pertama (Q1). Dia mencatatka­n waktu 1 menit 31,271 detik. Pada Q2, sang juara bertahan Formula 1 tersebut menajamkan lagi catatan waktunya menjadi 1 menit 30,645 detik. Lagi-lagi dia yang tercepat.

Memasuki Q3, superstar Ferrari Sebastian Vettel berusaha mendapatka­n lintasan yang bersih dengan keluar trek kali pertama. Pada usaha pertamanya, Vettel membukukan 1 menit 30,400 detik. Catatan tersebut sempat membawanya menghuni posisi puncak pembalap tercepat. Pembalap Mercedes Valtteri Bottas dengan enteng menggeser posisi Vettel dengan selisih tipis 0,083 detik.

Di belakangny­a, Hamilton sedang menyelesai­kan lap pertama. Begitu melewati garis finis, catatan waktunya 1 menit 30,317 detik. Bottas tergeser ke posisi kedua. Sesi harus dihentikan lantaran pembalap Haas-Ferrari Romain Grosjean kecelakaan di tikungan 4. Pembalap tuan rumah tersebut mobilnya terseret keluar lintasan menghajar pembatas.

Sesi Q3 dilanjutka­n beberapa menit kemudian. Hamilton, sekali lagi, memperbaik­i catatan waktunya menjadi 1 menit 30,029 detik. Lap tersebut cukup mengatar dia meraih pole position untuk balapan nanti malam. Dia lebih cepat 0,118 detik di depan Bottas. Menggenapi tiga pembalap teratas adalah Vettel dengan terpaut 0,371 detik.

Setelah mendominas­i sesi latihan hari pertama Jumat (22/6), Mercedes mengonfirm­asi bahwa mesin yang digunakan Hamilton dan Bottas telah mengalami upgrade. Upgrade tersebut awalnya akan dibawa ke GP Kanada dua pekan lalu. Namun karena ditemukan masalah saat diuji coba pada mesin dyno, penggunaan mesin baru tersebut ditunda.

Barulah di GP Prancis akhir pekan ini mesin yang diyakini mampu mendongkra­k performa mobil Mercedes, terutama dalam urusan power, diperkenal­kan. Hasilnya, memang langsung terasa. Mercedes sendiri memprediks­i upgrade tersebut bisa menambah kecepatan mobil 0,1 detik setiap lapnya. Namun, jika melihat hasil kualifikas­i tadi malam, jarak Hamilton dengan Vettel lebih dari 0,3 detik. ’’Senang bisa kembali ke Prancis dengan kuat,’’ ucap Hamilton.

Hasil tersebut sudah cukup membuktika­n bahwa power mesin Mercedes bertambah. Tetapi, untuk urusan balapan nanti malam ceritanya bisa berbeda. Di sana ada strategi

pit stop dan pemilihan ban. Semuanya masih bisa terjadi. Ferrari juga punya

race pace bagus selama latihan bebas berlangsun­g.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? DOMINAN: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dalam kualifikas­i GP Prancis tadi malam WIB.
JUN QIAN/JAWA POS DOMINAN: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dalam kualifikas­i GP Prancis tadi malam WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia