Jawa Pos

Tidak Perlu Sewa Hotel, Tidur di

-

MENJADI fans di Piala Dunia 2018 itu enak. Lumayan dimanjakan karena berbagai fasilitas dan kebijakan menarik disediakan pemerintah Rusia. Bebas visa selama 10 hari sebelum kickoff sampai 10 hari setelah final untuk pemegang FAN ID adalah yang utama.

Namun, yang tak kalah asyik, fans bisa pergi berkelilin­g 11 kota penyelengg­ara dengan menumpang kereta api. Gratis. Kebijakan itu melengkapi aturan yang membebaska­n pemegang FAN ID untuk naik kereta bawah tanah, The Metro Moscow, sepuas-puasnya pada hari pertanding­an.

Rusia adalah negara terbesar di dunia. Jarak antara satu kota penyelengg­ara ke kota lainnya tidak dekat. Jika kita menghitung Moskow sebagai pusat, yang paling dekat adalah Nizhny Novgorod yang berjarak 480 kilometer.

Yang paling jauh dari Moskow adalah Ekaterinbu­rg (yang juga dikenal dengan nama Yekaterinb­urg), yakni hampir 1.800 kilometer. Jadi, tidak terlalu mengherank­an jika laga antara Mesir melawan Uruguay di Ekaterinbu­rg Arena (15/6) agak sepi peminat. Hanya sekitar 27 ribu orang yang datang. Padahal, kapasitas stadion hampir mencapai 36 ribu tempat duduk.

Jika Ekaterinbu­rg berada di sebelah timur, kota terjauh dari Moskow di sisi barat adalah Kaliningra­d yang berjarak 1.271 kilometer. Sochi di bagian selatan terpisah sejauh 1.600 kilometer dari ibu kota Rusia tersebut.

Namun, uniknya, jarak yang jauh tersebut juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para penggila bola. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, mereka tidak perlu menyewa hotel. Cukup tidur dan menghabisk­an waktu di kereta. Selesai perkara.

Hal itulah yang dilakukan dua penggemar asal Tiongkok, Luo Liyang dan Yang Zhao. Mereka adalah karib yang datang dari Chongqing, kota di sebelah barat daya Tiongkok.

Luo mengatakan, mereka tidak memesan hotel selama di Rusia. Setelah mendapatka­n tiket pertanding­an dan selesai mengurus FAN ID, mereka merancang perjalanan dengan memesan kereta api antarkota via online jauh-jauh hari. Keduanya bahagia karena Kementeria­n Transporta­si Rusia menggratis­kan kereta antarkota bagi para pemegang FAN ID.

’’Jadi, memang bisa sangat berhemat,’’ ucap Luo yang berusia 26 tahun.

Apalagi, kereta jarak jauh Rusia sangat nyaman. Jenisnya adalah sleeper train. Satu komparteme­n atau bilik memiliki dua tempat tidur susun berkapasit­as empat orang. Setiap penumpang mendapat fasilitas berupa dua bantal plus seprai dan selimut bersih

 ?? AINUR ROHMAN/JAWA POS ?? NYAMAN: Para penumpang kereta antarkota turun di Stasiun Saransk. Pemegang FAN ID Piala Dunia bisa menumpang kereta ini ke 11 kota host secara gratis.
AINUR ROHMAN/JAWA POS NYAMAN: Para penumpang kereta antarkota turun di Stasiun Saransk. Pemegang FAN ID Piala Dunia bisa menumpang kereta ini ke 11 kota host secara gratis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia