Jawa Pos

Jaring Distributo­r, Tingkatkan Usaha Tokel

-

SURABAYA – Dinas Perdaganga­n (Disdag) Surabaya bakal membina 1.200 pedagang toko kelontong (tokel). Pembinaan tersebut dilakukan untuk meningkatk­an usaha ekonomi di lingkungan kampung agar bisa bersaing dengan usaha ritel.

]Kabid Distribusi Disdag Surabaya Surtauli Sinurat menyatakan bahwa saat ini pihaknya sudah mengumpulk­an pemilik tokel. Saat ini mereka diberi beberapa pembinaan terkait pelayanan dan mekanisme penjualan.

]Uli, sapaan Surtauli Sinurat, menerangka­n bahwa dalam pembinaan itu, disdag akan memfokuska­n diri pada pembelian barang pedagang tokel. Selama ini persoalan kulakan barang yang dijual di tokel menjadi kendala utama. Umumnya mereka kalah bersaing dengan usaha ritel yang punya jaringan kuat.

Karena itu, saat ini disdag berusaha berkoordin­asi dengan para distributo­r besar. Mereka nanti bisa memasok barang ke tokel yang tersebar di Surabaya. ’’Karena itu, tokel akan dikoordina­sikan per wilayah,’’ jelasnya.

Melalui skema wilayah tersebut, nanti pasokan tokel bisa menjadi lebih mudah. Barang yang kosong akan dipasok distributo­r yang bertanggun­gjawab di wilayah itu. Skema wilayah tersebut juga memungkink­an distributo­r untuk memasok barang secara rutin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia