Jawa Pos

Bendera Raksasa di Tanggul Lumpur

-

SIDOARJO – Juni identik dengan Bulan Bung Karno. Sebab, pada bulan tersebut, salah seorang proklamato­r kemerdekaa­n Indonesia itu lahir sekaligus meninggal dunia. Untuk memperinga­ti jasa-jasanya, kemarin (23/6) Taruna Merah Putih (TMP) Sidoarjo dan PDIP mengibarka­n bendera Merah Putih sepanjang 1.218 meter.

Sang Saka Merah Putih itu dikibarkan di areal tanggul. Membentang mulai titik 21 Desa Siring hingga titik 71 Desa Ketapang. Sebanyak 200 relawan terlibat dalam prosesi tersebut. Agar bendera tetap berdiri tegak, setiap 5 meter dipasang bambu. Relawan memegang bambu tersebut. Setelah itu, bambu ditancapka­n ke tanggul.

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengatakan, momen spesial pada Juni tersebut tidak boleh dilupakan karena merupakan bagian dari sejarah bangsa. Nah, agar tidak lekang dimakan zaman, PDIP dan TMP Sidoarjo menggelar pengibaran bendera raksasa. ’’Dengan begitu, bangsa ini tidak lupa jasa proklamato­r,’’ jelasnya.

Terkait lokasi pengibaran bendera di tanggul lumpur, Kusnadi mengatakan bahwa tempat itu merupakan kenangan warga Sidoarjo. ’’Di lokasi ini, 14 desa terendam karena lumpur,’’ ungkapnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BULAN BUNG KARNO: Anggota TMP dan Kader PDIP Sidoarjo membentang­kan bendera Merah Putih di tanggul lumpur kemarin.
FRIZAL/JAWA POS BULAN BUNG KARNO: Anggota TMP dan Kader PDIP Sidoarjo membentang­kan bendera Merah Putih di tanggul lumpur kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia