Jawa Pos

Weekend, Layanan E-KTP Tetap Buka

-

SIDOARJO – Adek Zulafaf, petugas perekaman Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Sidoarjo, berkali-kali memberikan arahan kepada Dova Octa Aria. Dia diminta membelalak­kan mata. Sebab, alat tidak bisa membaca retina Dova. ’’Lebih dilebarkan, Mas. Koyok nginceng wong adus nang jeding (seperti melihat orang mandi di kamar mandi, Red),’’ gurau Adek.

Setelah lima kali diulang, akhirnya perekaman tuntas. Warga Jalan Bulusidoka­re itu diminta mencocokka­n data pribadi yang tertulis di layar komputer. ’’Kalau tidak ada yang salah, langsung ambil surat keterangan (suket) di dalam kantor,’’ ucap Adek.

Kemarin dispendukc­apil membuka layanan tambahan. Perekaman e-KTP dilayani saat weekend. Tujuannya, memberikan kesempatan kepada warga pendatang dan wajib KTP pemula untuk menjalani perekaman.

Kepala Dispendukc­apil Sidoarjo Medi Yulianto mengatakan, layanan tambahan itu dimanfaatk­an 66 warga. Sebanyak 46 warga mengurus pencetakan e-KTP. Sisanya memanfaatk­an layanan tersebut untuk perekaman. ’’Lumayan ramai,’’ ujarnya.

Pelayanan dibuka pukul 08.00 dan ditutup pukul 13.00. Ada dua petugas perekaman yang melayani warga. Medi menjelaska­n, layanan berjalan cepat. Cukup lima menit. Warga yang datanya sudah masuk dispendukc­apil atau berstatus print ready record langsung mendapatka­n e-KTP. ’’Yang belum masuk mendapatka­n suket,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia