Jawa Pos

Awas Tertipu Kabar Perekrutan CPNS

-

GRUP WhatsApp Anda beberapa hari terakhir ini mungkin kebanjiran kabar penerimaan CPNS 2018. Katanya, penerimaan itu akan dibuka 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018. Ternyata kabar tersebut tidak benar. Kabar itu bersumber dari pemberitaa­n media yang kemudian dipelintir sedemikian rupa.

’’Pendaftara­n CPNS Dibuka Bulan Juli 2018, Ini Kriteriany­a.” Begitu judul kabar yang tersebar di media sosial. Dalam kabar itu disebutkan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Rencananya, Juli 2018. ’’Menteri PAN-RB, Asman Abnur menjelaska­n, kemungkina­n tes penerimaan CPNS 2018 antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018,’’ tulis pesan tersebut.

Pesan itu tampak menyakinka­n karena juga mencatut situs remis Kementeria­n PAN-RB. ’’Dilansir dari laman resmi Kementeria­n PAN-RB, pada 22 Mei 2018 lalu, disebutkan, Menteri Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memfokuska­n formasi CPNS tahun ini untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis,’’ lanjut pesan itu.

Dijelaskan juga, kuota CPNS yang akan diterima sesuai dengan jumlah yang akan pensiun. Pada 2018, jumlah PNS yang pensiun 250 ribu orang. Sebanyak 38 ribu berada di pemerintah pusat dan sisanya daerah.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan bahwa pesan itu hoax. ’’Sumbernya tidak jelas. Kemungkina­n berangkat dari asumsi pemberitaa­n umum sebelumnya,’’ kata Herman. Menurut dia, kabar itu diramu dari pemberitaa­n media mainstream sehingga

seolah-olah sudah ada jadwal pasti pembukaan perekrutan CPNS.

Dari penelusura­n yang dilakukan koran ini, di situs Kemen PAN-RB memang ada berita

terkait CPNS 2018. Judulnya, Prioritas Rekrutmen CPNS 2018, dari Tenaga Pendidik hingga Poros Maritim. Dari berita yang dibuat Humas Kemen PAN-RB itu tak disebutkan kapan pelaksanaa­n perekrutan CPNS 2018.

Menteri PAN-RB Asman Abnur dalam berita itu hanya mengatakan bahwa proporsi terbesar formasi CPNS 2018–2024 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Hal itu dilakukan untuk mendukung pembanguna­n daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Oleh karena itu, perekrutan CPNS akan dipriorita­skan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembanguna­n infrastruk­tur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan. Pernyataan menteri itu disampaika­n ketika dia menghadiri acara buka bersama dan peluncuran Corporate Card BRI di Jakarta pada Selasa, 22 Mei 2018.

Penelusura­n yang dilakukan koran ini menyebutka­n, beberapa media mainstream memang mengangkat berita penerimaan CPNS 2018 pada rentan waktu Mei–Juni 2018. Namun, hanya grup Tribun yang menurunkan tulisan bahwa perekrutan akan dilakukan pada 7 Juli–17 Juli 2018. Selebihnya tak ada yang memastikan waktu perekrutan CPNS.

Dikutip dari akun Twitter Badan Kepegawaia­n Negara (BKN), publik diminta untuk menunggu pengumuman penerimaan CPNS 2018 resmi dari Kemen PAN-RB. Sembari menunggu pengumuman, mereka yang berminat mendaftar diminta agar memastikan NIK dan KK terdaftar dalam database nasional.

 ?? ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia