Jawa Pos

Hadiah Rp 21 Juta buat Anjing Buruk Rupa

-

PETALUMA – Megan Brainard senang bukan kepalang. Anjingnya, Zsa Zsa, menjuarai kompetisi World’s Ugliest Dog 2018 pada Sabtu malam waktu setempat (23/6). Anjing sembilan tahun tersebut dinobatkan paling buruk rupa di dunia. Juga, English bulldog tersebut berhak atas hadiah USD 1.500 atau sekitar Rp 21 juta.

Jubir panitia Christy Gentry mengatakan, kompetisi tahunan itu biasanya dihelat pada Jumat malam. Tapi, khusus tahun ini, panitia menyelengg­arakannya pada Sabtu malam. ”Tujuannya hanya satu, yang menonton lebih banyak,” katanya seperti dilansir Fox News. Benar saja, SonomaMari­n Fairground­s yang menjadi arena kompetisi anjing-anjing jelek itu disesaki penonton pada Sabtu malam.

Lazimnya, sebuah kompetisi dihelat untuk menentukan yang terbaik. Misalnya, kompetisi anjing paling lucu, paling lincah, atau paling sehat. Lantas, mengapa kompetisi di Petaluma, Negara Bagian California, AS, tersebut justru menyematka­n selendang juara kepada yang paling jelek?

”Ini bagian dari kampanye cinta anjing. Bukan hanya yang fisiknya sempurna yang layak dicintai dan dijadikan peliharaan,” kata Gentry. Associated Press melaporkan bahwa kompetisi tersebut diikuti anjing-anjing dengan penampilan fisik yang tidak sempurna. Misalnya, kepalanya botak atau bulu-bulu pada tubuhnya tidak tumbuh merata. Rata-rata, anjing-anjing peserta kompetisi juga selalu menjulurka­n lidah.

”Melalui kompetisi ini, panitia ingin membangkit­kan kesadaran masyarakat untuk memelihara segala jenis anjing. Bahkan, anjing yang paling jelek sekalipun berhak mendapatka­n rumah yang layak dan kasih sayang yang penuh,” papar Gentry. Dalam kompetisi tersebut, panitia juga mengampany­ekan program adopsi anjing untuk dijadikan binatang peliharaan. Bukan membelinya dari pet shop.

Brainard pun mengadopsi Zsa Zsa setelah menemukann­ya dalam sebuah situs pencarian binatang peliharaan. Dengan mengadopsi anjing sebagai hewan peliharaan, menurut Gentry, si pemilik akan punya keterikata­n emosi dengan binatang tersebut. Dengan demikian, kecenderun­gan untuk menganiaya atau menelantar­kannya akavn lebih minim.

Seperti kompetisi pada umumnya, anjing-anjing buruk rupa yang mengikuti kontes World’s Ugliest Dog 2018 pun dipersilak­an untuk berlenggak-lenggok di atas

catwalk. Di atas hamparan karpet merah, tepatnya.

Sabtu malam itu ada beberapa

bulldog selain Zsa Zsa yang mengikuti kompetisi. Ada juga anjing Peking dan mutt. Tahun lalu pemenang kontes anjing buruk rupa adalah Martha. Anjing berjenis

neapolitan mastiff itu berbobot 57 kilogram dan memiliki pipi yang menggelamb­ir. Pada tahun sebelumnya, pemenang kompetisi adalah Sweepee Rambo, seekor chihuahua.

 ?? JEFF CHIU/AP PHOTO ?? PALING JELEK: Zsa Zsa bersama pemiliknya, Megan Brainard, di Petaluma, California, AS, Sabtu (23/6).
JEFF CHIU/AP PHOTO PALING JELEK: Zsa Zsa bersama pemiliknya, Megan Brainard, di Petaluma, California, AS, Sabtu (23/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia