Jawa Pos

Hamilton tanpa Pesaing

Beruntung, Vettel Tak Tertinggal Jauh

-

MARSEILLE – Lewis Hamilton menyempurn­akan akhir pekan di GP Prancis tadi malam dengan sebuah kemenangan. Membalap dari pole position, pembalap Mercedes tersebut sama sekali tak mendapat ancaman berarti sepanjang balapan. Bertambah spesial karena saat ini sang juara bertahan itu kembali memuncaki klasemen pembalap dengan selisih poin cukup lebar.

Balapan tadi malam di atas kertas telah ’’berakhir’’ pada lap pembuka. Insiden tabrakan yang terjadi di tikungan pertama mengakibat­kan mobil pembalap Mercedes Valtteri Bottas dan bintang Ferrari Sebastian Vettel rusak. Padahal, keduanya start dari posisi 2-3 secara berurutan.

Akibat tabrakan tersebut, mobil Bottas pecah ban kiri bagian belakang karena tersayat sayap depan mobil Vettel. Sedangkan sayap depan mobil Vettel rusak parah gara-gara benturan tersebut. Insiden juga terjadi di rombongan belakang yang mengakibat­kan Pierre Gasly (Toro Rosso-Honda) dan Esteban Ocon (Force IndiaMerce­des) tak bisa melanjutka­n lomba.

Rangkaian insiden itu membuat safety car keluar. Vettel dan Bottas terpaksa melakukan pit stop lebih awal. Vettel mengganti sayap dan kembali ke lintasan di posisi ke-17. Sedangkan Bottas lebih parah lagi, di posisi ke-18. Race direction langsung melakukan investigas­i atas kecelakaan tersebut. Hasilnya, Vettel dijatuhi penalti lima detik.

Ketika melakukan pit stop untuk mengganti sayap, Vettel juga memasang ban soft. Strategi tersebut diterapkan untuk mengejar ketertingg­alan dari lawan-lawannya. Rencana Ferrari berjalan dengan baik. Vettel mampu meminimalk­an ketertingg­alan dari Hamilton di depan. Saat balapan memasuki lap ke-20 di antara 53 putaran yang dilombakan, pembalap Jerman itu sudah menyalip 12 pembalap dan berada di posisi kelima.

Namun, Lewis Hamilton yang selamat dari insiden di tikungan pertama sudah melaju mulus di depan sebagai pemimpin lomba. Tidak ada satu pun rival kuat yang mengganggu balapannya. Bahkan, jarak Vetel dengan Hamilton terbentang setengah menit.

Pada lap ke-26, bintang Aston Martin Red Bull Max Verstappen melakukan pit stop pertama saat berada di posisi kedua. Dia mengganti ban ultrasoft dengan soft. Ketika kembali ke lintasan, dia berada di posisi keempat, di depan Vettel.

Merespons strategi Red Bull, Hamilton melakukan pit stop pada lap ke-33, mengganti ban dengan soft. Keluar di lintasan kembali di posisi kedua, di belakang Kimi Raikkonen. Pada lap berikutnya, Raikkonen masuk pit dan Hamilton kembali memimpin lomba.

Lap ke-41, Vettel melakukan pit stop kedua sekaligus melakoni penalti lima detik. Dia memasang ban ultrasoft agar bisa sprint hingga akhir lomba. Saat keluar kembali ke lintasan, posisinya tetap di urutan kelima, di depan Carlos Sainz Jr (Renault), dan mempertaha­nkannya sampai akhir balapan.

Pada lap ke-48, Raikkonen sukses menyalip Daniel Ricciardo (Aston Martin-Red Bull) di trek lurus menuju tikungan terakhir. Dengan hasil tersebut, pembalap Ferrari asal Finlandia tersebut sukses mengamanka­n podium terakhir di GP Prancis. Hamilton finis pertama tujuh detik di depan Verstappen dan 25 detik lebih cepat daripada Raikkonen. ’’Saya merasa kerja tim sangat luar biasa karena kami sangat solid sepanjang akhir pekan.’’ ucap Hamilton.

Verstappen mengakui balapannya tak terlalu menantang kemarin. Setelah mendapat keuntungan dari kecelakaan yang menimpa Vettel dan Bottas, pembalap Inggris tersebut hanya berusaha membuntuti Hamilton dan berusaha tidak melakukan kesalahan.

 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? RUWET: Insiden kecelakaan yang melibatkan Valtteri Bottas dan Sebastian Vettel di tikungan pertama lap pembuka GP Prancis tadi malam WIB.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS RUWET: Insiden kecelakaan yang melibatkan Valtteri Bottas dan Sebastian Vettel di tikungan pertama lap pembuka GP Prancis tadi malam WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia