Jawa Pos

Dua Sisi Kroos

-

SOCHI – Toni Kroos menyodorka­n umpan pendek kepada Marco Reus. Set piece di sisi kanan pertahanan Swedia itu diakhiri dengan tendangan Kroos ke tiang jauh gawang Robin Olsen. Gol. Skor 2-1 untuk Jerman saat laga memasuki menit kelima injury time.

Kroos pun menjadi pahlawan Jerman di Fisht Olympic Stadium. Kontras dengan yang terjadi pada babak pertama. Gelandang Real Madrid itu menjadi pecundang lantaran gol Swedia yang dicetak Ola Toivonen pada menit ke-32 bermula dari kesalahan umpan yang dibuatnya. Jerman menyamakan kedudukan lewat Reus (48’).

’’Jelas gol Swedia adalah kesalahan saya dan itu tak perlu ditanyakan lagi. Namun kemudian, di babak kedua kami memainkan bola lebih baik,” kata eks pemain Bayern Muenchen itu.

Sama dengan saat menyerah 0-1 kepada Meksiko, Jerman mendominas­i laga. Peluang demi peluang mereka ciptakan. Tapi, sepanjang babak pertama, tak satu pun yang berbuah gol.

Harapan memuncak ketika Reus menyamakan kedudukan. Tapi, beban Jerman seakan tak berkurang. Mereka kembali membuang banyak peluang.

Momen penghapus rasa frustrasi datang pada injury time. Pelanggara­n gelandang Swedia Jimmy Durmaz kepada Timo Werner menghasilk­an free kick sedikit di luar kotak penalti Swedia. Dari arah gawang Swedia yang dijaga Robin Olsen, titik eksekusi free kick yang ditunjuk wasit Szymon Marciniak (Polandia) kira-kira lebih dari 30 derajat.

Kroos dengan cerdik tidak langsung menghajarn­ya. Bola itu diumpan pelan ke Reus, Reus kemudian menahan bola agar stabil, dan melesaklah bola keras tendangan Kroos ke pojok atas kiri gawang Olsen.

’’Saya punya keyakinan, beberapa orang di Jerman akan senang seandainya kami kalah dan tersingkir dari turnamen hari ini (kemarin, Red). Namun, kami tak akan menye-

14 Juni (Grup A)

Rusia vs Arab Saudi Denis Cheryshev/Rusia

90+1’

Aleksandr Golovin/Rusia

90+4’ 15 Juni (Grup B)

Aziz Bouhaddouz/Maroko

19 Juni (Grup G)

Harry Kane/Inggris

90+1’

rah segampang itu,” kata Kroos emosional. Dengan kemenangan Jerman kemarin, peta kelolosan empat kontestan grup masih sangat memungkink­an. Meski hitung-hitungan di atas kertas, Korsel yang punya poin nol membutuhka­n keajaiban. Pada matchday ketiga 27 Juni mendatang, Jerman akan bertemu Korsel di Kazan Arena. Sementara itu, Meksiko bertemu Swedia di Ekaterinbu­rg Arena. Meksiko paling nyaman di puncak grup dengan 6 poin. Menyusul Jerman di posisi kedua dengan tiga angka, lalu Swedia dengan poin yang sama. Meksiko hanya perlu imbang dengan Swedia untuk lolos ke fase berikutnya. Sementara itu, Swedia dan Jerman harus menang. Bagaimana Korsel? Korsel akan lolos jika menang atas Jerman, sedangkan Meksiko menang atas Swedia.

Di sisi lain, kepada ESPN kemarin, pelatih Swedia Janne Andersson mengaku sangat tak menyukai selebrasi yang dilakukan pemain dan ofisial Jerman. Menurut Andersson, perayaan gol Die Mannschaft sudah berlebihan.

’’Orang-orang berlaku sebagaiman­a mestinya. Sebaiknya Anda merasa apa yang dirasakan lawan Anda ketika mengalami kekalahan menyakitka­n, dan mereka meledek kami dengan sangat parah,” tutur Andersson.

21 Juni (Grup D)

Argentina vs Kroasia Ivan Rakitic/Kroasia

90+1’ 22 Juni (Grup E)

Brasil vs Kosta Rika Philippe Coutinho/Brasil

90+1’

Neymar/Brasil

90+7’ 23 Juni (Grup E)

Serbia vs Swiss Xerdan Shaqiri/Swiss

90’ 23 Juni (Grup F)

Korsel vs Meksiko Son Heung-min/Korsel

90+3’ 23 Juni (Grup G)

Belgia vs Tunisia Michy Batshuayi/Belgia

90’

Wahbi Khazri/Tunisia

90+3’ 24 Juni (Grup F)

Jerman vs Swedia Toni Kroos/Jerman

90+5’

 ?? HANNAH MCKAY/ REUTERS GRAFIS ANDREW WILLY/JAWA POS ?? Maroko vs Iran Tunisia vs Inggris MELENGKUNG: Tendangan Kroos yang mengoyak gawang Swedia pada menit kelima injury time. Terdapat sembilan laga di Piala Dunia 2018 diwarnai gol yang terjadi pada menit ke-90 atau lebih. Tercatat 12 gol tercipta dalam...
HANNAH MCKAY/ REUTERS GRAFIS ANDREW WILLY/JAWA POS Maroko vs Iran Tunisia vs Inggris MELENGKUNG: Tendangan Kroos yang mengoyak gawang Swedia pada menit kelima injury time. Terdapat sembilan laga di Piala Dunia 2018 diwarnai gol yang terjadi pada menit ke-90 atau lebih. Tercatat 12 gol tercipta dalam...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia