Jawa Pos

Xhaka-Shaqiri Terancam Sanksi

SWISS

-

FIFA memilih untuk mendengark­an desakan Serbia. Melalui federasi sepak bolanya (FSS), Serbia melaporkan selebrasi yang dilakukan dua penggawa Swiss itu saat kedua tim berlaga Sabtu (23/6). Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri melakukan selebrasi berbau politis yang mengundang kontrovers­i saat Swiss memecundan­gi Serbia 2-1 di grup E.

Xhaka dan Shaqiri menyilangk­an tangannya di dada. Membentuk elang berkepala dua. Simbol tersebut ada di bendera Albania. Dua pemain itu sama-sama berdarah Kosovo yang mempunyai leluhur di Albania. Kosovo dan Albania memiliki hubungan yang panas dengan Serbia.

’’Komisi Disiplin FIFA telah membuka peninjauan indisiplin­er atas pemain Swiss, Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, atas perayaan gol mereka dalam laga antara Swiss dan Serbia,’’ demikian pernyataan FIFA sebagaiman­a dilansir Reuters.

Jika terbukti bersalah atas tindakan tersebut, Xhaka dan Shaqiri terancam hukuman larangan dua laga. Itu merupakan kerugian besar bagi tim besutan Vladimir Petkovic yang membuka peluang lolos dari grup E. Apalagi, pada laga terakhir penyisihan grup lawan Kosta Rika (28/6), Swiss wajib menang untuk memuluskan langkah ke babak 16 besar.

Selain itu, FIFA akan melakukan investigas­i terhadap pelatih Serbia Mladen Krstajic terkait pernyataan­nya setelah laga versus Swiss. Pelatih berdarah Bosnia itu mengkritik kinerja wasit Felix Brych yang memimpin laga Swiss kontra Serbia. ’’Saya tidak akan memberinya (Brych) kartu merah atau kuning. Saya ingin mengirimny­a ke Den Haag sehingga mereka bisa mengadili dia, sama dengan yang kerap mereka lakukan kepada kami,’’ tutur Krstajic saat itu.

 ?? MICHAEL DALDER/ REUTERS ?? FIGUR PENENTU: Gelandang Jerman Toni Kroos merayakan golnya ke gawang Swedia di Fisht Olympic Stadium kemarin.
MICHAEL DALDER/ REUTERS FIGUR PENENTU: Gelandang Jerman Toni Kroos merayakan golnya ke gawang Swedia di Fisht Olympic Stadium kemarin.
 ?? LAURENT GILLIERON/KEYSTONE VIA AP ?? KONTROVERS­IAL: Granit Xhaka (kiri) dan Xherdan Shaqiri.
LAURENT GILLIERON/KEYSTONE VIA AP KONTROVERS­IAL: Granit Xhaka (kiri) dan Xherdan Shaqiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia