Jawa Pos

Alasan Percepat Kesembuhan Hummels

-

KALAU Toni Kroos mendapatka­n apresiasi tinggi di akhir laga, hal sebaliknya dialami Jerome Boateng. Untuk kali kedua dalam karir sepak bola internasio­nalnya, bek 29 tahun itu kena kartu merah. Hukuman yang membuat suporter Jerman kian tegang menuju peluit panjang.

Di laga kemarin (24/6), Boateng diusir wasit Szymon Marciniak (Polandia) pada menit ke-82. Padahal, sebelas menit sebelumnya (71’), bek Bayern Muenchen itu menerima kartu kuning pertama.

’’Luar biasa apa yang dilakukan tim ini dengan memutarbal­ikkan kondisi. Saya akan melewatkan pertanding­an terakhir (fase) grup. Namun, saya menaruh kepercayaa­n pada tim ini,’’ demikian kicauan Boateng lewat akun Twitter-nya setelah kemenangan 2-1 Jerman atas Swedia kemarin.

Sebetulnya kartu kuning buat eks bek Hertha Berlin tersebut bisa hadir lebih cepat. Pada menit ke-13, Boateng mendorong dari belakang penyerang Swedia Marcus Berg di kotak penalti dalam situasi satu la wan satu versus kiper Jerman Manuel Neuer. Namun, Marciniak menilai hal itu bukan sebuah pelanggara­n.

Dengan hukuman yang diterima Boateng, der trainer Jerman Joachim Loew harus mencari opsi pengganti. Di matchday pemungkas pada 27 Juni, Die Mannschaft bersua Korsel.

Sesungguhn­ya masih ada Mats Hummels. Namun, Hummels masih mengalami cedera leher. Posisinya diisi Antonio Ruediger saat melawan Swedia. Namun, karena situasi mendesak, Loew tampaknya akan mempercepa­t proses kesembuhan Hummels. ’’Mats (Hummels) sepertinya akan turun bermain. Jika memang demikian, kami akan memiliki opsi untuk pertahanan tim ini,’’ ujar Loew sebagaiman­a diberitaka­n Reuters.

Pada Piala Dunia 2018, stok bek tengah Jerman cukup melimpah. Selain Hummels dan Boateng sebagai nama utama, mereka masih punya Ruediger, Niklas Suele, dan Matthias Ginter. Dalam laga kemarin, Ruediger bermain full 2 x 45 menit. Dia bertandem dengan Boateng.

Manajer timnas Jerman Oliver Bierhoff kepada ARD kemarin berkata, kartu yang didapat Boateng akan mengubah kekuatan timnya. Namun, untung, Jerman punya kedalaman skuad. ’’Ada beberapa opsi yang disiapkan untuk laga terakhir. Pelatih akan mengumumka­nnya segera,” ucap Bierhoff.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia