Jawa Pos

CFD Perdana setelah Puasa

-

SURABAYA – Sepanjang Jalan Darmo kembali terlihat bebas kendaraan bermotor pada Minggu pagi (24/6). Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali mengadakan car free day (CFD) setelah lima pekan ditiadakan. Warga pun menyambut antusias dengan melakukan beragam aktivitas di CFD Taman Bungkul.

Sebagian besar memanfaatk­an CFD sebagai sarana jogging track. Ada yang memilih lari-lari kecil. Ada pula yang hanya berjalan santai. Beberapa terlihat asyik mengayuh sepeda membelah para pejalan kaki. Yang terlihat duduk-duduk menikmati jajanan ringan juga cukup banyak di sepanjang Jalan Darmo.

Pemandanga­n Minggu pagi tersebut lebih dari sebulan tidak terlihat. Tepatnya selama Ramadan dan pekan libur cuti Lebaran

Pemkot Surabaya melalui dinas lingkungan hidup (DLH) kemudian memutuskan untuk kembali mengadakan CFD. ’’Banyak warga yang sudah kembali ke Surabaya, jadi CFD bisa ramai,’’ ujar Kepala DLH Kota Surabaya Eko Agus Supiadi.

CFD pertama setelah libur lima pekan itu disambut gembira oleh warga. Riris Eka, salah satu warga, menyatakan telah menanti CFD. Menurut dia, CFD sering digunakan sebagai sarana mencari hiburan. ’’Biasanya kan ada tontonan gratis seperti dari komunitas hewan,’’ kata warga Ngagel Rejo tersebut.

Pendapat serupa diutarakan Imas Adi. Dia sengaja datang ke CFD bersama sepeda fixie kesayangan­nya. Adi mengatakan, dirinya bersepeda di CFD Darmo tiap pekan. Dia juga tidak terlalu mempersala­hkan peniadaan CFD selama lima pekan. ’’Tidak masalah, waktu puasa juga agak malas untuk olahraga. Yang penting sekarang sudah ada lagi (CFD, Red),’’ jelasnya.

 ?? DIPTA WAHYU/ JAWA POS ?? AKTIF LAGI: Car free day di Jalan Raya Darmo kembali dipadati warga kemarin.
DIPTA WAHYU/ JAWA POS AKTIF LAGI: Car free day di Jalan Raya Darmo kembali dipadati warga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia