Jawa Pos

Poster Romy Sableng 112 Dikira Film Bioskop

Ikon Baru Tim PMK Surabaya yang Terinspira­si Pendekar Wiro Sableng

-

Dua-duanya berjuang demi kebaikan. Hanya, Wiro Sableng bertarung sendirian melawan penjahat, sedangkan Romy Sableng punya tim. Yakni, Pemadam Kebakaran Surabaya yang memusuhi api. Bedanya lagi, kapak Wiro berukuran jumbo, sedangkan Romy pegang yang mini.

SALMAN MUHIDDIN

KEPALA Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto memang kreatif. Dia kerap memberi nama pasukannya dengan sebutan nyeleneh. Ada Tim Kaypang, Kungfupand­a, OdongOdong, sampai Becak Air. Nah, saat merangkap jabatan sebagai Plt kepala dinas pemadam kebakaran (DPMK) awal Juni, dia punya karya baru. Yakni, Romy Sableng Pendekar Kapak Anti Geni 112.

Poster Romy Sableng tersebar sejak Sabtu (23/6) di sejumlah akun medsos pemkot dan CC 112. Poster itu menunjukka­n seorang petugas pemadam kebakaran yang berada di tengah kobaran api. Tangan kanannya memegang kapak emas dan tangan kirinya menggendon­g kucing

J

Sosok yang ditampilka­n dalam poster adalah Romi Angga Putra, salah satu petugas DPMK yang ngepos di command center 112 di Siola.

Nama aslinya Romi pakai huruf i. Namun, yang di poster Romy pakai huruf y. Dia tidak keberatan dengan perubahan itu. Pun dengan embel-embel Sableng alias gila yang disematkan. Saat Plt Kepala DPMKIrvanW­idyantomen­gusulkan nama tersebut, Romi berpikir itu hanya lelucon untuk melumerkan suasana rapat. Namun, dugaannya salah besar. ’’Saya baru sadar itu serius setelah ada perintah untuk sesi foto,’’ kata Romi ketika ditemui di CC 112 Room kemarin (24/6).

Romi tidak menolak. Namun, dia bingung mengapa dijadikan ikon. Saat bertanya, Irvan mengatakan bahwa Romi itu lucu, lugu, tetapi berani dan lugas. Tidak pernah menolak perintah. Lagi pula, menurut Irvan, tidak perlu memiliki tubuh yang besar untuk jadi tim pemadam kebakaran. Cowok 23 tahun itu pun dengan senang hati melaksanak­an perintah. Namun, karena tidak pernah jadi foto model, sesi pemotretan dirasa Romi cukup melelahkan.

Dua kali pemotretan, semua ditolak. Belum sesuai ekspektasi Irvan. Foto pertama diambil di balai kota. Terlalu kaku. Foto kedua di markas PMK di Pasar Turi juga tetap kaku. Pengambila­n foto pada hari ketiga, yakni 13 Juni di Pasar Turi, akhirnya diterima. Kapaknya terlihat jelas. Wajah Romi juga rileks. Yang terpenting, si kucing tampak enjoy di gendongan Romi. Kucing dipilih sebagai teman duet karena banyak laporan dari masyarakat soal kucing ke 112. Mulai kucing terjepit pintu, masuk kap mobil, sampai masuk sumur.

Di sela-sela wawancara, Romi mengeluark­an kapak yang jadi properti foto. Kapak seberat 3 kilogram itu terikat di pinggangny­a. Itu memang jadi peralatan PMK. Namun, kapak tersebut sudah jarang dipakai di lapangan. Petugas memiliki kapak yang lebih kuat dan besar. Para petugas PMK di CC 112 pun mewarisi kapak tersebut untuk situasi darurat. Kapak itu dibutuhkan untuk memecahkan kaca saat terjadi kebakaran.

CC 112 berada di gedung Siola yang ruangannya banyak dipisahkan sekat kaca. ’’Makanya, kami minta kapak biar jaga-jaga. Eh kok nyambungny­a ke Wiro Sableng,’’ kata pria kelahiran Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, tersebut.

Kapakmeman­gjadisimbo­lpusaka tokohfiksi­WiroSablen­g.Wirosejak bayi digembleng gurunya, Sinto Gendeng.Diaadalahp­endekarsak­ti dengan pusaka Kapak Maut Naga Geni212.Adarajah21­2didadanya. Di dada petugas PMK CC112 juga ada tanda angka tiga digit, tetapi bukantato,melainkane­mblem112, nomor tanggap darurat.

Admin medsos CC 112 Erika Andhini Putri menerangka­n, poster Romy Sableng yang diunggah di Insta Story Sabtu (23/6) mendapat beragam tanggapan dari netizen. Sebagian besar memuji. Namun, ada juga yang salah paham. ’’Ada yang tanya film Romy Sableng kapan tayang?’’ kata Erika, lalu meringis. ’’Saya bercanda jawab, segera. Dia kembali membalas, di bioskop mana?’’ lanjutnya yang membuat Romi terpingkal-pingkal.

’’Sudah-sudah jangan cerita yang itu,’’ ucap Romi sambil menahan tawa. Maklum, film Wiro Sableng

memang tengah di-remake. Bintangnya adalah Vino G. Bastian, putra pengarang novel Wiro Sableng,

Bastian Tito. Tahun ini film layar lebar tersebut segara tayang. Jangan salah. Bintangnya tetap Vino, bukan Romi.

 ??  ?? CALON IDOLA: Romi Angga Putra saat ditemui di Command Center 112 kemarin. Foto atas, poster Romy yang beredar di media sosial.
CALON IDOLA: Romi Angga Putra saat ditemui di Command Center 112 kemarin. Foto atas, poster Romy yang beredar di media sosial.
 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ??
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia