Jawa Pos

Bantu Pemilih, Buka Help Desk Pilkada di Siola

-

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya membuka layanan help desk di lantai mal pelayanan publik Siola kemarin (24/6). Pelayanan tersebut disediakan khusus untuk membantu warga dalam menggunaka­n hak pilihnya.

Staf KPU Surabaya Bidang Perencanaa­n Program dan Data Moch. Kholid Afandi menyatakan bahwa layanan help desk berlangsun­g hingga Selasa (26/6). Atau sehari sebelum pilgub Jatim berlangsun­g. Pelayanan dibuka pukul 10.00–15.00.

Pembukaan layanan help desk di gedung Siola bertujuan memudahkan warga. Khususnya mereka yang baru mengurus dan menyelesai­kan pencetakaa­n KTP elektronik (e-KTP). ’’Tempat ini dipilih karena dekat dengan pelayanan dispendukc­apil (dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil, Red),’’ terangnya saat ditemui Jawa Pos kemarin.

Ada beberapa pelayanan yang disediakan di help desk KPU Surabaya. Pertama, untuk mengecek lokasi TPS. Kedua, mengenai teknis persyarata­n yang dibawa saat pemilihan jika belum mendapatka­n formulir C6 (surat undangan) atau belum tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kholid menuturkan, seharusnya kemarin seluruh pemilih sudah mendapatka­n C6. Namun, jika belum ada formulirny­a, petugas help desk akan mengecek ke server KPU pusat. Caranya, menyetor nomor induk kependuduk­an (NIK) pemilih. ’’Kami bantu cek lokasi TPS pemilih,’’ tuturnya.

Kholid menyatakan, tahun ini pengiriman C6 memang sedikit terlambat. Sebab, formulir undangan tersebut langsung dicetak dari provinsi. Hal itu berbeda dengan pemilihan tahun sebelumnya yang ditulis langsung oleh tim KPPS.

Selain pengecekan, Kholid menjelaska­n, posko bertugas menyosiali­sasikan informasi pilkada kepada warga. Khususnya kepada warga berusia 17 tahun yang sudah dapat menggunaka­n hak pilihnya.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? BANTU WARGA: KPU Surabaya membuka help desk di gedung Siola.
EDI SUSILO/JAWA POS BANTU WARGA: KPU Surabaya membuka help desk di gedung Siola.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia