Jawa Pos

Pangkas Sawit meski Tugas BBPJN

-

SURABAYA – Jalan Raya Margomulyo memiliki segudang masalah. Mulai jalan rusak, penerangan jalan sering mati, hingga pemangkasa­n tanaman yang jarang dilakukan. Kewenangan pengelolaa­n jalan sejatinya berada di Balai Besar Pengelolaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII. Namun, kini pemkot memilih membantu perawatann­ya.

”Kalau sudah membahayak­an pengendara terus tidak segera ditangani, nanti malah pemkot yang disalahkan,” ujar Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Aditya Wasita kemarin (24/6). Kemarin pegawai DKRTH melakukan perantinga­n pada tanaman kelapa sawit di sisi timur jalan itu.

Ada ratusan pohon kelapa sawit di sepanjang area pergudanga­n Margomulyo tersebut. Selama ini daun-daun itu memang tampak jarang dipotong. Beberapa menjorok hingga ke jalan raya. Jika diempas truk, daun-daun tersebut tak jadi masalah. Namun, jika yang menabrak adalah pengendara sepeda motor, bisa terjadi kecelakaan yang mematikan. Sebab, pelepah daun kelapa sawit itu lumayan keras.

DKRTH juga memangkas pepohonan di pulau jalan. Pohonpohon tersebut sering kali tumbang ketika turun hujan disertai angin kencang. Karena yang bertugas hanya satu mobil, dedaunan yang dipangkas terlihat menumpuk. Maklum, petugas perantinga­n pemkot juga disibukkan dengan pekerjaan di jalan-jalan milik pemkot.

Selain itu, sejumlah penerangan jalan di wilayah Margomulyo diganti baru. Lampu kuning merkuri diganti dengan lampu LED. Masalahnya, lampu-lampu tersebut sering mati. Tak heran, banyak kasus begal di wilayah itu. Tidak adanya permukiman dan jauhnya pos polisi membuat pelaku kejahatan sering beraksi di sana.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya Muchamad Machmud menerangka­n, lempar tanggung jawab kewenangan memang jadi masalah klasik. Terutama jalan nasional. Alhasil, pemkotlah yang menanggung perawatan jalan itu. ”Ini bahaya. Jangan gara-gara kewenangan, masyarakat yang dirugikan,” jelasnya.

Dia menyebutka­n, masih banyak jalan nasional yang bermasalah. Bukan hanya di Margomulyo, melainkan juga di Sememi dan Osowilangu­n. Jalur perdaganga­n tersebut sering macet gara-gara masalah penyempita­n yang tak kunjung diselesaik­an.

 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA ?? MERAPIKAN JALAN: Petugas DKRTH melakukan perantinga­n dahan kelapa sawit di Jalan Margomulyo.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA MERAPIKAN JALAN: Petugas DKRTH melakukan perantinga­n dahan kelapa sawit di Jalan Margomulyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia