Jawa Pos

Warga Batal Dapat Layanan E-KTP Ekspres

-

SURABAYA – Puluhan warga Tambaksari harus balik arah saat tiba di kantor kecamatan kemarin (24/6). Keinginan untuk mencetak e-KTP di dekat rumah harus diurungkan. Mereka pun berangkat ke kantor dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) di Siola untuk mencetak kartu identitas itu.

Sumarmi, salah satunya. Perempuan 45 tahun tersebut datang ke kantor Kecamatan Tambaksari pada pukul 10.00. Dia datang setelah mendapat pesan di WhatsApp bahwa kemarin warga bisa mencetak e-KTP secara cepat di kantor kecamatan. ’’Isi pesannya, cetak hari ini bisa langsung jadi. Tapi, pas sampai di sini ternyata error, jadi nggak bisa cetak,’’ tuturnya.

Warga Kedung Tarukan itu sudah melakukan perekaman pada 2015. Namun, rekamannya ganda. Karena itu, dia harus kembali mengurusny­a ke dispendukc­apil.

Kekecewaan juga dialami Istinah. Warga Dukuh Setro itu datang untuk mencetak e-KTP. Saat tiba di kecamatan, dia diberi tahu tetanggany­a bahwa jaringan sedang error. Meski begitu, dia tetap masuk untuk memastikan sendiri.

Petugas pun meminta maaf atas ketidaknya­manan itu. Mereka mengatakan tidak bisa mela- kukan apa-apa karena jaringan error dari pusat. Sejatinya, masalah tersebut terjadi sejak Sabtu sore. ’’Seharusnya memang hari ini ada layanan pencetakan e-KTP ekspres,” ucap Camat Tambaksari Ridwan Mubarun.

Selama ini, menurut Ridwan, pencetakan e-KTP berlangsun­g dengan baik. Baru kemarin jaringan mengalami gangguan.

 ?? ROBERT RISKY/ JAWA POS ?? JARINGAN ERROR: Staf Kecamatan Tambaksari Asna mengarahka­n warga yang ingin mencetak e-KTP ke Siola.
ROBERT RISKY/ JAWA POS JARINGAN ERROR: Staf Kecamatan Tambaksari Asna mengarahka­n warga yang ingin mencetak e-KTP ke Siola.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia