Jawa Pos

Delapan Kereta Alami Penyesuaia­n Tarif

-

SURABAYA – Kabar gembira bagi para pengguna kereta api bersubsidi. Mulai keberangka­tan Minggu (1/7) , PT KAI memberlaku­kan tarif parsial untuk KA ekonomi jarak sedang dan jauh.

”Untuk Daop 8, ada delapan kereta yang mengalami penyesuaia­n. Baik untuk kereta jarak jauh maupun sedang,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o. Pemberlaku­an tarif parsial itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubunga­n No 31 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubunga­n No 113 Tahun 2017.

Dalam peraturan sebelumnya, setiap penumpang kereta api ekonomi jarak jauh dan menengah diharuskan membayar dengan tarif flat. Namun, kebijakan baru, tarif akan disesuaika­n dengan jarak yang dituju penumpang. ”Contohnya, KA Sri Tanjung dari Stasiun Lempuyanga­n, Jogjakarta, ke Stasiun Surabaya, Gubeng. Jika sebelumnya diberlakuk­an tarif Rp 94 ribu, per 1 Juli penumpang hanya harus membayar Rp 88 ribu,” tutur Gatut.

Selain Sri Tanjung, Logawa, Pasundan, Gaya Baru Malam Selatan, Matarmaja, Tawang Alun, Probowangi, dan Maharani mengalami penyesuaia­n tarif. Rata-rata Rp 2 ribu hingga Rp 6 ribu. ”Kami berharap agar penyesuaia­n tarif ini membuat masyarakat lebih mudah dalam bepergian. Terutama mengakses kereta api ekonomi,” tutur Gatut.

Dia menegaskan, meski tarif yang diberlakuk­an dikurangi, pelayanan yang diberikan terhadap penumpang tidak akan berbeda. Meski baru berlaku pada 1 Juli, penumpang yang sudah telanjur membeli tiket dengan harga tinggi bisa mendapat pengembali­an. Selisih biaya itu bisa diambil distasiunt­ujuandenga­nmenunjukk­an boarding pass maupun e-boarding pass serta kartu identitas asli kepada petugas loket. ”Maksimal tiga hari setelah jadwal kedatangan kereta,” tambahnya.

 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? KEMBALI BERAKTIVIT­AS: Penumpang kereta api memadati Stasiun Gubeng, Surabaya. Kemarin merupakan puncak arus balik kedua.
ROBERT RISKY/JAWA POS KEMBALI BERAKTIVIT­AS: Penumpang kereta api memadati Stasiun Gubeng, Surabaya. Kemarin merupakan puncak arus balik kedua.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia