Jawa Pos

Hari Ini Pendaftara­n SD-SMP Negeri Terakhir

Ditutup Pukul 13.00

-

SIDOARJO – Hari ini (25/6) merupakan hari terakhir pendaftara­n online masuk SD dan SMP negeri jalur reguler. Pendaftara­n melalui website ppdbsda. net resmi ditutup pukul 13.00. Pada masa akhir, pendaftar biasanya membeludak.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo sudah menyiapkan sejumlah antisipasi. Pertama, kesiapan server. Meski pendaftar membeludak, dikbud bersama tim IT dari ITS menjamin keamanan server. ’’Tidak akan hang. Berapa pun yang mendaftar,’’ kata Sekretaris Dikbud Tirto Adi.

Menurut dia, pendaftar pada hari terakhir berpotensi meningkat. Sebab, besok menjadi kesempatan terakhir untuk masuk ke SD dan SMP negeri. Termasuk kemungkina­n mengubah pilihan. ’’Ada orang tua yang wait and see. Sebelumnya mereka menunggu nilai-nilai yang diterima di sejumlah SMP. Baru mereka mendaftar setelah yakin bisa masuk pada rentang siswa yang lolos,’’ paparnya.

Hingga kemarin, nama-nama yang diterima di SMPN masih dinamis. Berubah-ubah. Ada yang masuk dan pindah. ’’Menjelang penutupan, baru bisa terlihat stabil,’’ jelas Tirto.

Meski begitu, hingga kemarin seluruh kuota SMPN sudah terpenuhi. Tidak ada yang kosong. ’’Hari kedua pada Sabtu lalu saja sudah penuh semua, tapi kan itu belum pasti,’’ katanya.

Berdasar data dikbud pada Sabtu (23/6), jumlah pendaftar di SMPN sudah sekitar 15 ribu. Artinya, sekitar 50 persen dari lulusan SD/MI telah mendaftar melalui jalur reguler tersebut. ’’Kalau untuk SD, terakhir data yang kami himpun masih 900an siswa,’’ papar mantan Kabid pendidikan menengah itu.

Antisipasi kedua, dikbud sudah menyiapkan operator di seluruh sekolah yang mengikuti PPDB online. Para operator akan membantu orang tua yang sulit mendaftar. Di sekolah-sekolah, ada komputer yang dilengkapi internet. Hingga kemarin, dikbud belum menerima keluhan dari pendaftar. ’’Tidak ada, dari operator juga belum ada laporan komplain,’’ ujar Tirto.

Pada hari terakhir pendaftara­n, dikbud berencana meninjau ke sejumlah SMPN yang paling banyak diminati. Antara lain, SMPN 1 Sidoarjo, SMPN 3 Sido- arjo, dan SMPN 5 Sidoarjo. Termasuk ke SMP satuan penyelengg­ara pendidikan sistem kredit semester (SPP-SKS).

Tirto mengimbau para orang tua untuk segera menginput data pendaftara­n anaknya. Pendaftara­n ditutup pukul 13.00 dan tidak bisa mundur. ’’Sebelumnya juga kami sosialisas­ikan. Kami juga telah memberikan waktu simulasi,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia