Jawa Pos

Minggu Depan Baru Mulai Tertibkan PKL

-

SIDOARJO – Janji pemkab untuk menertibka­n pedagang kali lima (PKL) liar selepas Lebaran belum juga terwujud. Di sejumlah titik, pedagang tetap bebas menggelar lapak dagangan. Di Jalan Gajah Mada, misalnya. Di jalur protokol itu, masih banyak PKL. Lapaklapak mereka berderet di sisi timur, menempati jalur pedestrian.

Begitu pula Jalan Taman Pinang Indah (TPI). Salah satu kawasan perumahan premium di Kota Delta itu menjadi titik mangkal PKL. Sejatinya, untuk menata PKL itu, pemkab jauh-jauh hari mengaku sudah memiliki solusi. Namun, hingga kini persoalan tersebut tidak kunjung tertangani dengan baik.

Kasatpol PP Pemkab Sidoarjo Widiyantor­o Basuki menjelaska­n, penertiban PKL tidak semudah membalikka­n telapak tangan. Petugas harus memiliki sejumlah pertimbang­an. Pertama, untuk waktu penertiban, tentu pihaknya membutuhka­n persiapan. ”Karena habis libur Lebaran,” kata Wiwit –sapaan akrab Widiyantor­o.

Kedua, lanjut dia, tentu dibutuhkan koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI. Rencananya, penertiban dilakukan minggu depan. Jalan Gajah Mada menjadi sasaran pertama. Nanti para PKL itu ditempatka­n di Sentra PKL Gajah Mada. ”Kami sudah rapatkan. Mulai minggu depan gerak,” paparnya.

Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Yudhi Kartikawan menambahka­n, Sentra PKL Gajah Mada sudah siap untuk digunakan. Penataan pedagang diserahkan kepada satpol PP dan dinas perindustr­ian dan perdaganga­n (disperinda­g). ”Minggu depan siap digunakan,” terang dia.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? PENATAAN: Sentra PKL Gajah Mada yang bakal menjadi tempat relokasi PKL di Jalan Gajah Mada sudah siap ditempati.
BOY SLAMET/JAWA POS PENATAAN: Sentra PKL Gajah Mada yang bakal menjadi tempat relokasi PKL di Jalan Gajah Mada sudah siap ditempati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia