Jawa Pos

Angkat Udeng Pacul Gowang untuk Sidoarjo

-

SIDOARJO – Achmad Irfandi, ketua Darjoisme, sedang ngelembur menuntaska­n pekerjaann­ya. Yakni, membuat ratusan udeng pacul gowang dan syal batik khas Sidoarjo. Sebab, hari ini (25/6) atribut itu akan dipakai ratusan delegasi dari sejumlah negara. Mereka mengikuti studi pelaksanaa­n Pilkada Jatim 2018.

’’Besok (hari ini, Red) butuh sebanyak 240 udeng dan syal batik. Jadi, kami harus segera menyelesai­kannya,’’ ujar Irfandi kemarin.

Bagi Irfandi, momentum itu terbilang langka. Karena itu, pihaknya ingin lebih mengenalka­n kembali penutup kepala tersebut. Apalagi, banyak perajin lama yang telah meninggal. ”Sehingga generasi pembuat udeng dan pelestari kebudayaan perlu digiatkan agar tidak punah. Salah satunya, lewat Darjoisme ini,’’ katanya.

Darjoisme muncul dari kegelisaha­n pemuda terhadap kurangnya branding produk lokal berbasis kebudayaan di Sidoarjo. Jika Bali mempunyai Joger, Jogjakarta memiliki Dagadu, dan di Banyuwangi ada Osing Deles, sejauh ini Sidoarjo belum memiliki branding produk lokal tersebut. Padahal, Sidoarjo menjadi pembuluh arteri utama pariwisata Jatim.

”Denyut pariwisata terbesar ada pada Bandara Juanda dan Terminal Bungurasih. Keduanya berada di wilayah Sidoarjo,” ungkap Irfandi.

Karena itu, dia juga tidak ingin Sidoarjo hanya sekadar dilewati wisatawan. Mereka harus mampir untuk mendapatka­n produk khas. Melalui Darjoisme, Irfandi dan sejumlah anak muda telah berupaya membuat usaha kecilkecil­an. Usaha tersebut memproduks­i produk lokal berbasis kebudayaan. Salah satunya, udeng pacul gowang dan syal batik.

Selain itu, ada suvenir seperti kaus dan gantungan kunci. Temanya adalah Darjoisme. ”Suvenir ini sengaja digandengk­an dengan dunia clothing agar anak muda mau pakai dan mengangkat budaya dengan gaya kekinian,” jelas Irfandi.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? PRODUK LOKAL: Achmad Irfandi menggarap udeng pacul gowang yang akan dipakai delegasi sejumlah negara.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS PRODUK LOKAL: Achmad Irfandi menggarap udeng pacul gowang yang akan dipakai delegasi sejumlah negara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia