Jawa Pos

Awasi Empat Jenis Kerawanan Pilkada

-

SURABAYA – Bawaslu Jatim telah menyelesai­kan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) rawan untuk pilgub Jatim. Dari total 67.644 TPS se-Jatim, cukup banyak yang rawan terjadi pelanggara­n. Jawa Pos mencatat, ada empat jenis kerawanan yang pada pemilihan-pemilihan sebelumnya paling berpotensi membuat gaduh. Yakni, pemilih ilegal di DPT, serangan fajar, KPPS tidak netral, dan pemilih tambahan yang membeludak.

Berdasar catatan Bawaslu Jatim, setiap kabupaten/kota memiliki potensi kerawanan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk pemilih ilegal di DPT, Banyuwangi menjadi juaranya. Ada 885 TPS yang DPT-nya dinilai masih rawan disusupi pemilih ilegal, dalam hal ini tidak memenuhi syarat untuk memilih. Kemudian, Bojonegoro memiliki paling banyak TPS yang rawan terjadi serangan fajar, yakni 243 TPS.

Untuk KPPS yang tidak Netral, paling tinggi ada di Kabupaten Malang dengan 417 TPS. Sementara itu, dalam hal pemilih tambahan membeludak, Lamongan ada di urutan pertama dengan 582 TPS (lihat grafis). ”Ini menjadi acuan tenaga pengawas kami untuk pengawasan di masa tenang dan pungut hitung 27 Juni,” terang Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi.

Dia menuturkan, untuk serangan fajar, pemetaanny­a didasarkan pada pengalaman pemilihan-pemilihan sebelumnya. Terutama pada pola pelanggara­n pada hari H pemungutan suara. Dari satu pemilihan ke pemilihan lain, kerawanan politik uang selalu berulang.

Untuk pemilih ilegal di DPT, tim pengawas sedang berkoordin­asi dengan KPPS untuk menandai nama-nama yang tidak seharusnya ada di DPT. Jangan sampai mereka mendapat formulir C6 atau pemberitah­uan memilih.

Pada potensi KPPS tidak netral, saat ini pihaknya masih mengidenti­fikasi oknum yang diyakini tidak netral itu. Bila indikasiny­a terbukti, rekomendas­inya adalah pergantian petugas KPPS. Bagaimanap­un, KPPS dilarang mendukung atau berafilias­i dengan paslon tertentu karena yang dilayani adalah pemilih yang pandangan politiknya berbeda-beda.

Sementara itu, pada TPS yang ramai dengan pemilih tambahan, setiap pengawas akan merekomend­asikan KPU untuk menggeser sebagian pemilih ke TPS lain. Sebab, keberadaan mereka terkait dengan stok surat suara yang terbatas. Surat suara cadangan dibatasi hanya 2,5 persen dari total pemilih dalam DPT. Bila di satu TPS ada 400 pemilih, surat suara cadanganny­a hanya 10.

 ?? BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN/JAWA POS ?? JAMIN KEAMANAN: Logistik pemungutan suara untuk Pilkada Jatim 2018 telah didistribu­sikan hingga ke kecamatan kemarin (25/6). Hari ini (26/6) proses distribusi diteruskan ke desa/kelurahan hingga TPS. Tampak personel Polres Madiun Kota melakukan...
BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN/JAWA POS JAMIN KEAMANAN: Logistik pemungutan suara untuk Pilkada Jatim 2018 telah didistribu­sikan hingga ke kecamatan kemarin (25/6). Hari ini (26/6) proses distribusi diteruskan ke desa/kelurahan hingga TPS. Tampak personel Polres Madiun Kota melakukan...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia