Jawa Pos

Berkat James dan Sanchez

-

2-2

0-3

(Takashi Inui 34’, Keisuke Honda 78’/Sadio Mane 11’, Moussa Wague 71’)

KAZAN – Kolombia mulai merasakan dampak tampilnya James Rodriguez sebagai starter. Meski tidak mencetak gol, James menjadi kreator dua gol Kolombia ke gawang Polandia. Gol pertama lewat sundulan Yerry Mina pada menit ke-40 merupakan hasil umpan James. James juga menjadi kreator lahirnya gol ketiga Kolombia melalui kaki Juan Cuad rado (75’). Satu gol lainnya yang melengkapi kemenangan

3-0 Kolombia dilesakkan Radamel Falcao (70’).

Tiga poin tersebut membuka peluang Los Cafeteros –julukan Kolombia– lolos ke babak 16 besar. Syaratnya, mereka harus menang pada matchday terakhir grup H melawan Senegal (28/6). Sementara itu, bagi Polandia, mereka menjadi tim Eropa pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2018. Pelatih Kolombia Jose Pekerman mengakui efek kehadiran James. Ketika melawan Jepang pada matchday pertama (19/6), James kurang bisa memb erikan kontribusi karena baru masuk pada menit ke-59. Selain James, Pekerman memuji kin erja gelandang Juan Quintero. ’’Mereka ( James dan Juan Quintero, Red) adalah pemain dengan talenta hebat dan saling melengkapi. Kemenangan hari ini (kemarin, Red) sangat krusial dan membuat tim membaik,’’ ucap eks pelatih Argentina itu sebagaiman­a dilansir El Comercio.

Selain James, faktor lain yang mendongkra­k motivasi penggaw a Kolombia adalah teror yang diterima Carlos Sanchez. Bek 32 tahun itu sempat menerima ancaman pembunuhan setelah menerima kartu merah ketika melawan Jepang. Sanchez dianggap sebagai biang keladi kekalahan Kolombia. ’’Dia (Sanchez, Red) shock. Hal- hal seperti ini sangat menyakitka­n dan bukanlah perkara sepele,’’ kata pelatih berkebangs­aan Argentina tersebut sebagaiman­a dilansir ESPN.

Pekerman melihat besarnya euforia pendukung Kolombia setelah menaklukka­n Polandia. Pelatih 68 tahun itu meminta fans untuk meredam euforia tersebut. ’’Kami belum lolos. Kami harus meningkatk­an level permainan untuk bisa mengatasi tim yang lebih tangguh,’’ ujarnya.

Pekerman lega karena secara mental pasukannya cukup kuat untuk menghadapi laga penuh DUA assist-nya melawan Polandia kemarin membuat James Rodriguez menjadi pemain yang paling banyak terlibat dalam proses terciptany­a gol di Piala Dunia dua edisi terakhir. Baik lewat gol maupun assist. (io/c22/bas) Kreator di Dua Edisi Piala Dunia (2014 dan 2018) Assist

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia