Jawa Pos

Pilgub, Pelayanan Dispendukc­apil Libur

-

SURABAYA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) menginstru­ksikan pelayanan kependuduk­an tetap dibuka pada hari H pelaksanaa­n pilkada serentak besok (27/6). Namun, Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil)Surabaya memilih tutup.

Kepala Dispendukc­apil Surabaya Suharto Wardoyo menerangka­n bahwa keputusan tersebut dipilih atas sejumlah pertimbang­an. Dia khawatir apabila pelayanan kependuduk­an dibuka banyak warga yang tidak nyoblos karena antre di dispendukc­apil. ’’Makanya, pelayanan kependuduk­an kami liburkan dulu. Kamis lanjut lagi,’’ ujar Anang, sapaan akrab Suharto, kemarin.

Antrean di dispendukc­apil memang butuh waktu lama. Sementara itu, waktu untuk pencoblosa­n pada pilgub Jatim besok tergolong singkat. Yakni, pukul 07.00 hingga 13.00.

Beberapa hari ini pelayanan kependuduk­an juga sedang padat. Maklum pelayanan baru saja diliburkan saat Lebaran. Warga yang pulang kampung ke Surabaya banyak yang mengurus administra­si kependuduk­annya. Sampai-sampai Anang ikut-ikutan membantu proses pemanggila­n bagi mereka yang mendapatka­n blangko e-KTP.

Anang mengingatk­an warga agar tidak datang ke dispendukc­apil besok. Baik di kantor pusat di Gedung Siola maupun kantor kecamatan.

Meski tak ada pelayanan kependuduk­an, petugas dispendukc­apil tetap masuk. Namun, mereka hanya menerima verifikasi untuk petugas KPU. Verifikasi kependuduk­an diperlukan agar pemilih yang memiliki masalah kependuduk­an tidak kehilangan hak suaranya.

Kamis (28/6) pelayanan kependuduk­an tetap buka seperti biasa. Selanjutny­a, pelayanan Sabtu dan Minggu juga dibuka seperti biasa.

 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ?? PELAYANAN: Kepala Dispendukc­apil Surabaya Suharto Wardoyo (kanan) memanggil penerima blangko e-KTP.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS PELAYANAN: Kepala Dispendukc­apil Surabaya Suharto Wardoyo (kanan) memanggil penerima blangko e-KTP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia