Jawa Pos

Penyambung­an Pipa PDAM Selesai Juli

-

SURABAYA – Pengerjaan pipa PDAM di Jalan Jawar dan Romokalisa­ri dikebut. Pemasangan pipa sepanjang 5,3 kilometer tersebut ditargetka­n selesai akhir Juli. Pipa itu akan dikoneksik­an dengan rumah pompa di Osowilangu­n.

Manajer Pemelihara­an Jaringan Pipa Distribusi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Retno Tri Utomo menyatakan, penyambung­an pipa itu nanti bertujuan untuk memasok air warga Sumberejo dan sekitarnya. Sebab, daerah Sumberejo kini hanya mengandalk­an pasokan dari Karang Pilang yang jaraknya terlalu jauh.

Karena jaraknya yang terlalu jauh, menurut Retno, air PDAM di Sumberejo kecil. Dengan adanya pipa yang dikoneksik­an ke tandon di Osowilangu­n, air diharapkan lebih lancar. Penyambung­an pipa sepanjang 5,3 kilometer itu sudah mencapai 75 persen. ’’Targetnya akhir Juli selesai,’’ katanya.

Dari pantauan Jawa Pos, pengerjaan pipa oleh PT Cipta Wisesa Bersama tersebut masuk tahap penyambung­an pipa hidrolis. Pipa tersebut akan ditanam dan disambungk­an ke rumah tandon air di Osowilangu­n. Untuk memberikan hasil yang optimal, kata Retno, PDAM juga akan memasang pipa sepanjang 1 kilometer di Jalan Osowilangu­n. Pipa tersebut dipasang hingga ke perbatasan Gresik-Surabaya.

Pipa sepanjang 1 kilometer itu menghubung­kan pipa PDAM di Gresik. Namun, pengerjaan pipa 1 kilometer tersebut masih dalam tahap perizinan ke Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN). Sebab, pemasangan pipa itu berdampak di jalan nasional. Selain itu, pengerjaan­nya harus menggunaka­n metode horizontal directiona­l drilling (HDD).

Manajer Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Agus Subagyo berharap seluruh proyek yang kini dikerjakan secepatnya bisa diselesaik­an. ’’Kami harap masyarakat saat ini sabar terkait pengerjaan pipa tersebut,’’ ucapnya.

 ??  ?? UNTUK AIR LANCAR: Pekerja menyambung pipa di Jalan Romokalisa­ri kemarin.
UNTUK AIR LANCAR: Pekerja menyambung pipa di Jalan Romokalisa­ri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia