Jawa Pos

Adu Tangkas Memakai APAR

-

SURABAYA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Bhayangkar­a masih 1 Juli mendatang. Namun, kemarin (25/6) Polres Pelabuhan Tanjung Perak sudah mencicil acara. Mereka melangsung­kan lomba ketangkasa­n pemakaian APAR (alat pemadam api ringan) antar perusahaan di kawasan pelabuhan.

Sebanyak 23 perusahaan ikut berpartisi­pasi dalam acara yang dilangsung­kan sejak pagi itu. Masing-masing mendelegas­ikan satu tim yang berisi dua orang. ’’Ada tiga kriteria penilaian utama untuk peserta. Yakni, ketepatan, kecepatan, dan keterampil­an menggunaka­n APAR,’’ ungkap Kasatsabha­ra Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Farid Yusuf.

Perwira itu menyebut lomba bukan sekadar kegiatan untuk memeriahka­n hari ulang tahun. Adu ketangkasa­n diharapkan mengingatk­an perusahaan-perusahaan untuk siaga kebakaran. Sebab, api bisa muncul dari mana saja. Korsleting listrik atau alat rawan terjadi di perusahaan. Karena itu, agar api tak membesar dan membahayak­an lingkungan sekitar atau memakan korban, pekerja diimbau belajar memakai APAR secara benar.

Lomba yang digelar di halaman mapolres itu diwarnai tawa peserta dan juri. Sebab, tidak semua peserta beraksi mulus. Ada yang gagal karena APAR rusak. Api sulit padam karena peralatan tak normal. Petugas Pencegahan Bahaya Kebakaran (PBK) Pelindo III Agustinus yang dipercaya sebagai salah seorang juri menjelaska­n, APAR berukuran 6 kilogram seharusnya wajib tersebar di perusahaan. Alat tersebut penting untuk mencegah bencana. Terutama di perusahaan yang aktivitasn­ya padat.

’’Penggunaan APAR tak boleh ngawur. Alat hanya dipakai saat awal api muncul,’’ kata Agustinus. Menurut dia, banyak pemakaian alat yang masih keliru. APAR dipakai pada kebakaran besar sehingga pemakainya terluka. Menurut Agustinus, penyimpana­n alat pemadam juga tak boleh ngawur. APAR harus digantung. Tak boleh diletakkan di lantai.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? JANGAN PANIK: Salah seorang peserta menunjukka­n kesigapan memadamkan api dalam lomba kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS JANGAN PANIK: Salah seorang peserta menunjukka­n kesigapan memadamkan api dalam lomba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia