Jawa Pos

SMPN 1 Wonoayu Jadi Unggulan

-

SIDOARJO – Masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD dan SMP negeri jalur reguler resmi ditutup pukul 13.00 kemarin (25/6). Untuk SMP, SMPN 1 Wonoayu yang menjadi sekolah ‘’unggulan’’. Nilai terendah calon siswa yang diterima 94,09. Adapun SMPN 1 Sidoarjo, nilai terendah 94,02.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkab Sidoarjo Tirto Adi menyatakan, para siswa yang lolos bisa langsung mendaftar ulang ke sekolah masing-masing. Yang belum bisa melaksanak­an registrasi lusa (28/6). Yang tidak daftar ulang dianggap mengundurk­an diri. Selanjutny­a, kuota akan diisi siswa dengan nilai yang berada di bawahnya.

Karena itu, lanjut Tirto, pihaknya mengimbau para calon siswa baru dengan nilai sangat dekat dengan passing grade untuk terus memantau. Dengan begitu, mereka bisa memastikan akan daftar ulang ke mana. ”Namun, bagi yang nilainya jauh di bawah passing grade, bisa segera mencari sekolah swasta,” saran Tirto.

Untuk dapat masuk ke SMPN, memang masih ada jalur mitra warga. Namun, ada persyarata­npersyarat­an. Informasi pengumuman PPDB tahap kedua akan dilaksanak­an pada 29 Juni. ”Tapi, jika semua calon siswa telah daftar ulang, berarti tidak ada pengumuman tahap kedua,” terangnya.

Sementara itu, siswa yang diterima di SMPN rata-rata memiliki nilai akhir di atas 9. Namun, dikbud belum bisa membanding­kan rata-rata nilai yang lolos tahun ini dengan tahun lalu. ”Kami belum membanding­kan hari ini (kemarin, Red), jadi belum bisa dilihat lebih tinggi-tinggi tahun ini apa tahun lalu,” pungkasnya.

Yang pasti, Tirto berbahagia karena proses PPDB praktis tidak menemui masalah berarti. ’’Alhamdulil­lah lancar. Beda banget dengan tahun lalu yang lumayan banyak komplain,” ungkap matan Kabid pendidikan menengah (dikmen) itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia