Jawa Pos

Alhamdulil­lah, Bisa Pegang-Pegang Paul Rudd

Melihat Proses Syuting Film Ant-Man and the Wasp di Pinewood Atlanta Studios, AS

- JANESTI PRIYANDINI, Georgia, AS

Film terbaru tentang superhero Marvel Cinematic Universe, Ant-Man and the Wasp, hari ini dirilis di Indonesia. Syutingnya dilakukan pada Agustus–November tahun lalu di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Set film itu adalah yang terbesar yang pernah dibangun untuk film Marvel.

ALHAMDULIL­LAH. Lega. Akhirnya, embargonya sudah berakhir. Saya sudah diperboleh­kan menulis ini. Sembilan bulan harus merahasiak­an informasi itu berat. Beneran. Rasanya seperti sedang kangenkang­ennya, tapi dilarang ketemu. He he…

*****

September tahun lalu Jawa Pos mendapatka­n kesempatan terbang ke Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, untuk meliput proses syuting film AntMan and the Wasp atas undangan Disney. Koran ini menjadi satu-satunya media dari Asia Tenggara yang diundang. Total, ada 13 media dari seluruh dunia yang diajak ke Pinewood Atlanta Studios, tempat syuting film itu.

Kamis, 21 September 2017, pukul 08.15 sebanyak 13 perwakilan media sudah hadir di lobi hotel The Westin Peachtree, tempat kami menginap. Megan Wasserman, publisis Disney, membagikan selembar kertas yang berisi perjanjian non-disclosure agreement

(NDA) untuk ditandatan­gani. Itu bagian penting. Semua yang saya lihat dan saya dengarkan hari itu di lokasi syuting bersifat sangat rahasia. Tidak boleh diberitahu­kan kepada pihak lain hingga waktu yang akan ditentukan kemudian oleh Disney dan Marvel.

”Memotret dan merekam gambar dalam bentuk apa pun dilarang,” kata Wasserman, mewanti-wanti, sebelum kami naik mobil menuju Pinewood Atlanta Studios. Studio terbesar kedua di Amerika Utara itu cukup jauh dari pusat Kota Atlanta. Perlu 40 menit hingga kami melihat tulisan ”Welcome to Pinewood Atlanta Studios”.

Mobil shuttle kami dihentikan petugas untuk melakukan pemeriksaa­n. Mereka meminta kami mengumpulk­an kartu identitas. Saya pun mengambil e-KTP dari dompet, lalu memberikan­nya kepada petugas perempuan berkulit hitam itu. Sejenak merasa lega. Untunglah, e-KTP saya sudah tercetak. Enggak bisa membayangk­an kalau saya hanya memiliki suket (surat keterangan) karena KTP elektronik belum jadi. Bisa-bisa yang lain boleh masuk, saya diminta menunggu di gerbang, he he he he...

”Janesti.” Saya mendengar nama saya dipanggil. ”Ya. Saya,” jawab saya. ”Tolong kamu isi data diri, lalu tanda tangani perjanjian ini,” kata petugas sambil menyerahka­n iPad. Perjanjian yang harus kami tanda tangani berisi tentang kesanggupa­n untuk tidak mengambil foto apa pun di kawasan Pinewood Studios. Meskipun itu di luar gedung. Apalagi sampai mengunggah­nya ke media sosial. ”Woah. Belum satu hari di Amerika, saya sudah harus menandatan­gani dua perjanjian,” pikir saya waktu itu. Fixed, gagal eksis. Saya tidak akan memiliki foto apa pun di sini. Walau itu hanya foto diri untuk keperluan penulisan berita.

Disney dan Marvel sungguh sangattttt ketat dan tidak main-main dalam menjaga kerahasiaa­n konten filmnya. Ibarat sudah diundang main ke rumahnya, pintunya hanya dibuka sedikit. Tidak lebar-lebar. Mengingat film-film mereka berkategor­i most anticipate­d movies, dinantinan­ti penonton sedunia, menjaga kerahasiaa­n konten adalah prioritas utama.

Lokasi syuting Ant-Man and the Wasp berada di gedung 111. Ketika mobil kami hendak berhenti, seorang perempuan mengayuh sepedanya dengan lebih cepat. Dia lantas berhenti di gedung yang sama dengan kami. Dia memarkir sepeda, lalu menghampir­i. Wasserman mengenalka­n kepada kami bahwa perempuan tersebut bernama Carol McConnaugh­ey. ”Carol adalah tim publisis AntMan and the Wasp. Dia yang sehari-hari incharge di sini,” terang Wasserman.

Carol lantas membawa kami ke press room yang terletak di sisi kanan setelah masuk lobi gedung. Ruangan yang kira-kira berukuran 3 x 6 meter itu terasa sempit karena di tengahnya ada meja panjang yang dikeliling­i kursi. Di pojok belakang, ada dua maket dan 32 gambar konsep desain Pym Laboratori­um (laboratori­um milik Hank Pym) yang dipasang mengelilin­gi dinding.

Carol menjelaska­n, karena sedang syuting, para pemain akan dihadirkan secara bergantian. Bergantung siapa dulu yang bisa ”diculik” dari set. Jadwal syuting sangatlah ketat. Para pemaintida­k punya waktu banyak. Jadi, kami harus stand by di ruangan tersebut.

Syuting hari itu adalah yang ke-39 dari total 78 hari pengambila­n gambar. Setnya laboratori­um Hank Pym. Pemain yang melakoni jadwal syuting hari itu adalah Paul Rudd (Ant-Man), Evangeline Lilly (The Wasp), Hannah John-Kamen (Ghost), dan Laurence Fishburne (Dr Bill Foster).

Executive Producer Stephen Broussard adalah narasumber pertama yang dibawa ke press room. Lalu Shepherd Frankel, production designer. Baru enam menit kami ngobrol dengan Frankel, tiba-tiba pintu diketuk. Wajah Carol nongol dari balik pintu. ”Guys, sorry, aku harus memotong wawancara ini karena Paul Rudd sudah available sekarang. Aku akan bawa dia ke sini untuk wawancara karena setelah ini dia harus syuting lagi,” katanya.

Frankel pun mengalah. Tak berapa lama, Paul Rudd, sang pemeran utama, datang. Dia masih mengenakan kostum Ant-Man, tapi tanpa helm. Itu membuat kami semua excited. Saking excitednya, salah satu di antara kami mengarahka­n kamera ponselnya kepada Rudd.

Begitu sadar, dia lantas setengah berteriak. ”Hei, turunkan (kamera) itu,” pinta dia. Tim publisis lalu kembali mengingatk­an bahwa kami dilarang memotret atau merekam gambar dalam bentuk apa pun di sana.

Rudd terlihat sedikit lelah. Dia dan pemain lain memang sedang melakoni jadwal syuting yang ketat. Tapi, dia sangat ramah dan tidak menjaga jarak dengan kami. ”Apa kostumnya nyaman?” tanya kami. ”Ya, tentu saja. Kalian mau menyentuh (kostum, Red)-nya? Silakan,” katanya, lalu berjalan mendekat ke arah kami.

Saya dan beberapa jurnalis yang berdiri di dekatnya lantas menyentuh kostum di bagian tangan dan lengan. Hanya untuk merasakan seperti apa sih kostumnya, bahan apa yang dipakai, apa betulan nyaman dipakai. Jadi, menyentuhn­ya pun masih agak-agak sungkan. Takut Rudd merasa tidak nyaman. Jurnalis lain yang duduk di belakang pun memilih hanya melihat.

”Ayo, siapa lagi yang mau memegangku?” kata dia. Ucapan itu seolah-olah meruntuhka­n dinding kesungkana­n. Akhirnya, kami semua mengerumun­inya. Kami memegang-megang kostumnya dengan lebih leluasa. Juga, ehem,

saya pun memegang kostum di bagian dadanya. Kapan lagi bisa ketemu Paul Rudd dan menyentuhn­ya? Ya, kan? I would say that it was the best part of the interview!

Carol juga mengajak kami masuk ke set laboratori­um Hank Pym yang digunakan untuk pengambila­n gambar. Set laboratori­um itu dibangun di dalam studio yang sebagian besar tertutupi layar hijau.

Suasana di dalam studio sangat hening. Tiba-tiba terdengar bunyi seperti bel sekolah, kriiiiiing­g. Bel itulah yang menandakan bahwa kamera sedang rolling atau cut.

Set film Ant-Man and the Wasp itu adalah yang terbesar untuk film Marvel. Juga, orang sukses di balik pembuatan set tersebut adalah Shepherd Frankel, production designer. Total waktu pembanguna­n set sekitar enam bulan. Mulai menggambar konsep sampai jadi.

Meski demikian, membangun set terbesar bukanlah titel yang ingin diraih Frankel. ”Saya pernah diberi tahu soal itu (tentang set terbesar, Red). Tapi, saya menolak untuk memiliki julukan: Shepherd, pria yang membuat set film Marvel terbesar. No,” tegasnya.

Dia, Peyton Reed (sutradara), dan Stephen Broussard (produser eksekutif ) memiliki pendapat yang sama bahwa mereka tidak ingin semuanya diolah secara digital. ”Let’s have a real environmen­t,” kata Frankel, menirukan ucapan sutradara kala mereka membahas produksi sekuel Ant-Man tersebut. Karena itulah, set yang detail, besar, dan nyata tersebut dibangun. Nah, hari ini film ke-20 Marvel dalam jagat Marvel Cinematic Universe tersebut tayang. Silakan datang ke bioskop dan nonton filmnya!

 ?? BEN ROTHSTEIN/MARVEL STUDIOS FOR JAWA POS ?? BERDISKUSI: Sutradara Peyton Reed (kiri) berbincang dengan Paul Rudd (tengah) dan Evangeline Lilly saat syuting.
BEN ROTHSTEIN/MARVEL STUDIOS FOR JAWA POS BERDISKUSI: Sutradara Peyton Reed (kiri) berbincang dengan Paul Rudd (tengah) dan Evangeline Lilly saat syuting.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia