Jawa Pos

Loncat ke Partai Nasdem, PAN PAW Lucky Hakim

-

JAKARTA – Sidang paripurna DPR kemarin (3/7) melantik anggota dewan pergantian antarwaktu (PAW) dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Anggota Fraksi PAN Intan Fitriana Fauzi dari Dapil Jabar VI resmi menggantik­an Lucky Hakim. Intan dilantik sebagai anggota dewan pasca keputusan Lucky yang pindah ke Partai Nasdem.

Pelantikan Intan dilangsung­kan dalam sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan. Mengenakan baju biru tosca, Intan dilantik langsung oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Taufik yang juga wakil ketua umum PAN menyatakan, fenomena kader pindah partai merupakan hal biasa dalam dunia politik. Dia mempersila­kan publik untuk menilai sikap kader yang memutuskan loncat dari satu partai ke partai lain. ’’Itu hak politik masing-masing. Mereka yang pindah partai adalah yang tidak dari awal membangun partai,’’ kata Taufik.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menambahka­n, Lucky memutuskan pindah ke Nasdem sejak April. Menurut dia, PAN langsung memproses pergantian Lucky dengan Intan yang notabene perolehan suaranya berada di bawah Lucky.

Yandri mengatakan tidak mempermasa­lahkan perpindaha­n Lucky. Dalam beberapa informasi, Lucky mendapat tawaran uang agar bersedia pindah ke Nasdem. Namun, Yandri menilai fenomena politikus pindah partai menjelang pemilu adalah hal yang wajar. ’’Itu kan fenomena tahunan. Jadi, kalau ada yang pindah ke partai lain, ya kita juga enggak bisa nahan. Ada juga kader partai lain yang pindah ke kita, kita ucapkan selamat datang,’’ paparnya.

Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G. Plate membenarka­n bahwa Lucky telah pindah dan mendaftar sebagai bakal caleg Partai Nasdem. Namun, Plate membantah informasi bahwa perpindaha­n Lucky atas imingiming sejumlah uang. ’’Dari Nasdem nggak ada itu (iming-iming uang, Red). Itu berita simpang siur dan tidak jelas sumbernya,’’ kata Plate.

 ?? PEMBERITAA­N DPR FOR JAWA POS ?? TINGGAL SETAHUN: Anggota baru Fraksi PAN Intan Fitriana Fauzi dilantik dalam sidang paripurna DPR untuk menggantik­an Lucky Hakim yang telah pindah ke Partai Nasdem.
PEMBERITAA­N DPR FOR JAWA POS TINGGAL SETAHUN: Anggota baru Fraksi PAN Intan Fitriana Fauzi dilantik dalam sidang paripurna DPR untuk menggantik­an Lucky Hakim yang telah pindah ke Partai Nasdem.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia