Jawa Pos

Romy Diserang Pernyataan Palsu Kenaikan BBM

-

”ROMY: Yang Naikan BBM itu SPBU, Jangan Salahkan Presiden yang Cinta Rakyat. Netizen: Serah lu dah njeennggg. #2019GantiP­residen #apakabarin­donesia.” Begitu bunyi teks sebuah meme yang bergambar Ketua Umum PPP Romahurmuz­iy. Meme itu beredar luas setelah harga pertamax naik.

Jawa Pos menemukan meme tersebut di grup Facebook United Muslim Cyber Army. Yang mengunggah di grup itu akun Facebook Abu Bakar Rieswanda. ”Satu kata buat orang ini?” tulis Abu Bakar Rieswanda. Begitu meme itu diunggah kemarin pagi, banyak netizen di grup tersebut yang bereaksi negatif. Mereka ramai-ramai menyerang politikus dari Jawa Tengah tersebut. Segala jenis umpatan dialamatka­n kepada Romy. Mulai kotoran sampai berbagai nama hewan.

Sebenarnya, ada yang berusaha meluruskan bahwa meme tersebut berisi hoax. Akun Muhammad Ricky yang coba melakukan itu. Tapi, setelah Ricky berkomenta­r, masih saja banyak orang yang lebih senang mengumpat Romy.

Jika saja tidak malas browsing, fakta yang sebenarnya bisa didapat dengan mudah. Pertama, tidak ada satu pun media yang menuliskan pernyataan Romy seperti yang ada dalam meme tersebut. Di pojok kanan meme itu, tertulis IDN.NEWS. Namun, di search engine Google, tidak terindeks situs dengan domain tersebut.

Pencarian juga dilakukan dengan memanfaatk­an who.is. Situs itu bisa digunakan untuk melihat status domain dan IP-nya. Di sana, domain idn.news juga belum didaftarka­n. Koran ini lantas melakukan pencarian lebih lanjut dengan mengecek ketersedia­an domain idn.news lewat situs goddy.com dan name.com. Hasilnya, idn.news masih tersedia. Lantaran termasuk premium domain, idn.news di Goddy dibanderol Rp 2 juta. Sedangkan di name.com, domain tersebut dijual seharga USD 123,75.

Mungkin si pembuat meme itu ingin mengelabui netizen. Dia menuliskan idn.news di sisi atas meme agar terkesan bahwa pernyataan Romy memang terdapat di salah satu portal berita. Apalagi, selama ini memang ada portal berita yang menggunaka­n domain idn. Tapi, bukan idn.news, melainkan idntimes.com.

Melalui akun Twitter-nya yang sudah terverifik­asi, Romy membahasho­ax yang tengah menyerangn­ya. ”Pagi2 ditanyain apakah ini statemen saya? Level hoax yg semakin meningkat menunjukka­n kecintaan. Klo statement anda makin dihoaxkan, maka anda semakin dicintai ehm ..ehm. Nah, sama skali tak pernah ada wawancara sy tentang ini. Kok ya ada hoax-ers yg bikinnya konyol abis begini,” tulis Romy.

 ?? CHIS/JAWA POS ??
CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia