Jawa Pos

Kenaikan Bunga Belum Redam Pasar

BI Intervensi Valas dan Borong SBN

-

JAKARTA – Penaikan suku bunga acuan hingga 50 basis poin (bps) pekan lalu belum mampu meredam gejolak di pasar keuangan. Nilai tukar rupiah masih tertekan. Berdasar kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah kemarin berada di level Rp 14.418 per USD atau merosot 87 poin dari sehari sebelumnya Rp 14.331 per dolar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral akan terus melakukan serangkaia­n langkah stabilisas­i. Tidak hanya melalui kebijakan suku bunga, tetapi juga lewat intervensi untuk memastikan tersediany­a likuiditas dalam jumlah yang memadai.

Otoritas moneter juga melakukan pembelian surat berharga negara (SBN) di pasar untuk menstabilk­an nilai tukar rupiah. ”Asing belum masuk cukup besar, maka perlu intervensi valas oleh BI. Kalau ada investor asing menjual SBN-nya, BI akan membeli SBN dari pasar sekunder,” jelasnya.

Perry menambahka­n, BI kini menunggu respons pasar atas kebijakan suku bunga. Dia berharap kenaikan bunga acuan bisa membuat imbal hasil di pasar keuangan tetap menarik bagi investor asing. ”Kami harapkan investasi masuk juga ke SBN dan itu juga menambah suplai dari dolar dan menstabilk­an rupiah,” jelasnya.

Ekonom Institute for Developmen­t of Economics and Finance (Indef ) Bhima Yudhistira menu- turkan, upaya intervensi oleh BI akan membikin cadangan devisa kembali terkuras. Dia mengungkap­kan, sepanjang Januari hingga Mei ini, cadangan devisa sudah berkurang USD 9 miliar. Salah satunya untuk intervensi rupiah.

Karena itu, dia menilai masalah utamanya berada pada respons BI dan pemerintah yang terlambat mengantisi­pasi perubahan dinamika global. Bhima menekankan, perang dagang dan kenaikan Fed rate sebenarnya bisa terbaca sejak 2015.

Tapi, antisipasi­nya baru dilakukan tahun ini dengan naikkan bunga acuan 100 bps pada dua bulan terakhir, yakni Mei dan Juni. Selain itu, pemerintah seharusnya membuat mitigasi berupa insentif pajak untuk sektor penguat devisa seperti ekspor dan pariwisata.

”Itu juga belum dilakukan. Akibatnya, kondisi fundamenta­l ekonomi semakin jatuh. Kalau kondisi terus begini, akhir Juli sangat mungkin rupiah tembus Rp 14.700– 14.800,” ujarnya kemarin.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan, mengatasi pelemahan rupiah juga harus dibarengi dengan upaya meningkatk­an ekspor. ”Tidak bisa diatasi hanya peningakat­an (suku, Red) bunga, tapi bagaimana produktivi­tas yang menghasilk­an dolar itu diperbanya­k,” ujar JK di Hotel Bidakara, Jakarta, kemarin (3/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia