Jawa Pos

Siapkan Strategi tanpa Cavani

-

4 JULI NIZHNY NOVGOROD –

Edinson Cavani masih terpincang-pincang saat menyaksika­n rekan-rekannya berlatih di Nizhny Novgorod kemarin. Bomber timnas Uruguay itu hanya bisa berdiri di pinggir lapangan. Sebab, dia masih menjalani perawatan cedera hamstring yang dideritany­a saat melawan Portugal (1/7). Kans dia turun melawan Prancis pada babak perempat final Jumat mendatang (6/7) pun sangat tipis.

Hal itu diakui Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF). Melalui akun Twitter resminya,

AFA mengumumka­n bahwa Cavani masih harus menjalani perawatan.

’’Pemain bersangkut­an masih merasakan sakit. Dia akan melanjutka­n recovery dan perkembang­annya akan terus dipantau.’’ Demikian bunyi pernyataan resmi AUF sebagaiman­a dilansir Marca.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez juga tidak akan memaksakan kehendakny­a andai bomber Paris Saint-Germain (PSG) itu harus menepi. Tabarez bisa saja menempatka­n Luis Suarez sebagai striker tunggal, atau memainkan Cristhian Stuani sebagai pengganti Cavani. Saat melawan Portugal, Stuani-lah yang menjadi pengganti Cavani ketika ditarik keluar pada menit ke-74.

’’Saya termasuk satu di antara tiga juta warga Uruguay yang menunggu kabar Edi (Edinson Cavani, Red),’’ kata Luis Suarez sebagaiman­a dikutip Sportskeed­a. ’’Saya tahu kondisinya sangat sulit. Sebab, cederanya lumayan parah. Sementara itu, masa pemulihan cederanya sangat pendek,’’ ujarnya.

Suarez menyerahka­n sepenuhnya pilihan lini depan Uruguay kepada Tabarez. Dia juga yakin bahwa Uruguay tidak bergantung kepada dirinya atau Cavani. ’’Peran Edi memang sangat penting. Tetapi, masih ada pemain lain yang bisa menggantik­an perannya. Dan, saya berharap agar pemain itu lebih dari Edi,’’ lanjutnya. ’’Yang terpenting, Uruguay sudah menunjukka­n kolektivit­as di lapangan. Jadi, tidak bergantung kepada satu atau dua pemain,’’ tutur bomber Barcelona itu.

Prancis sebetulnya juga krisis amunisi. Dua fullback mereka, Djibril Sidibe dan Benjamin Mendy, masih dibekap cedera. Namun, pelatih Didier Deschamps tidak terlalu pusing. Sebab, keduanya bukan penggawa inti. Untuk posisi fullback kanan dan kiri sudah ada Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez yang moncer saat Les Bleus menang 4-3 atas Argentina. Pavard bahkan mencetak salah satu kandidat gol terbaik Piala Dunia.

Yang membuat cemas eks pelatih Juventus itu absennya gelandang serbabisa Blaise Matuidi. Ya, Matuidi yang mendapat kartu kuning saat melawan Argentina harus absen di delapan besar karena akumulasi kartu kuning.

 ?? FRANCK ROBICHON/EPA ?? MASIH PINCANG: Edinson Cavani menuruni anak tangga untuk menyaksika­n rekanrekan­nya berlatih di Nizhny Novgorod kemarin.
FRANCK ROBICHON/EPA MASIH PINCANG: Edinson Cavani menuruni anak tangga untuk menyaksika­n rekanrekan­nya berlatih di Nizhny Novgorod kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia