Jawa Pos

Piawai Lihat Kelebihan-Kekurangan Lawan

Pelatih Terbaik Juni

-

HANYA tiga pertanding­an yang dilakoni Persija Jakarta selama Juni. Hasilnya, klub berjuluk Macan Kemayoran itu tidak pernah kalah. Mereka dua kali menang atas PS Tira 5-0 (8/6) dan Persib Bandung 1-0 (30/6) serta menahan imbang Persebaya Surabaya 1-1 (26/6).

Tentu saja yang dinilai paling spesial adalah ketika mengatasi rival abadinya, Persib. Bermain di Stadion PTIK, Jakarta, Persija berhasil melebarkan jarak kemenangan dengan rival abadinya itu sebanyak 17 kali sepanjang sejarah. Sementara itu, Persib hanya menang 6 kali.

Nah, raihan hasil positif itu tidak terlepas dari sosok sang juru taktik, Stefano Cugurra. Pelatih asal Brasil tersebut punya modal bahan baku untuk diberikan kepada anak asuhnya di setiap kali latihan. Bahan baku itu berisi kelebihan dan kelemahan lawan terdekat yang bakal dihadapi timnya.

Menurut winger Persija Riko Simanjunta­k, sang pelatih selalu memiliki materi berbeda menjelang pertanding­an. Materi itu biasanya merupakan hasil observasi dari tim lawan. ’’Dia (Teco) pintar tentang itu. Karena itu, sebelum bertanding, kami para pemain selalu tahu tugas masing-masing dan harus bagaimana mengatasin­ya,’’ katanya.

Gelandang Persija Sandi Sute menilai, selain selalu percaya kemampuan anak asuhnya, salah satu hal yang membuat Persija meraih hasil positif adalah kedisiplin­an Teco, sapaan sang pelatih. ’’Dia (Teco) juga tanggung jawab. Luar biasa pokoknya,’’ jelas Sandi.

Teco mengungkap­kan, dirinya hanya ingin profesiona­l dalam bekerja. Dia juga tidak mau banyak bicara terkait dengan lawan-lawannya sebelum bertanding. ’’Saya hanya ingin buktikan di lapangan,’’ tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia