Jawa Pos

Proyek Petekan Dimulai Minggu Depan

-

SURABAYA – Proyek pintu air dan rumah pompa Petekan segera digarap minggu depan. Proyek senilai Rp 43 miliar itu digadang-gadang dapat mengatasi masalah banjir di kawasan Surabaya Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati memastikan hal tersebut. Proyek pembanguna­n bakal difokuskan dulu pada pembanguna­n pintu air. Pembanguna­n proyek yang didanai APBD tersebut berlokasi di utara jembatan Petekan. Jaraknya sekitar 200 meter. Lokasi tersebut dipilih berdasar kajian matang. ”Lokasinya sudah disiapkan,” terangnya.

Selain pintu air, dalam proyek tersebut, pemkot bakal mencicil pembanguna­n rumah pompa. Berdasar perencanaa­n, ada lima pompa yang akan dipasang. Namun, dalam pengerjaan tahap pertama itu, pemkot hanya memasang satu unit dulu.

Proyek pintu air dan rumah pompa itu diprediksi rampung pada Desember tahun ini. Proyek dilanjutka­n tahun depan setelah diprogramk­an dalam APBD 2019. ”Dana yang tersedia memang lebih kecil dari proyeksi awal perencanaa­n,” tuturnya.

Proyek pintu air dan rumah pompa di Kalimas tersebut sempat molor. Itu terjadi karena rencana pendanaan melalui APBN senilai Rp 200 miliar gagal. Kondisi tersebut membuat pemkot mencari cara baru. Yakni, dengan pendanaan sendiri melalui APBD 2018.

Dimulainya proyek yang molor selama setahun itu diapresias­i anggota Komisi C DPRD Surabaya Vinsensius Awey. Langkah pemkot untuk segera membangun proyek tersebut sangat tepat. Sebab, permasalah­an banjir di kawasan Surabaya Utara memang sering terjadi.

Selain mencegah banjir rob, Awey optimistis pembanguna­n pintu air di kawasan tersebut bakal berdampak positif di sektor lainnya. Terutama pariwisata sungai yang selama ini belum maksimal di Surabaya.

Dengan adanya pintu air, ketinggian air di Kalimas bisa diatur. Dengan demikian, aliran sungai itu bisa dilewati oleh perahu-perahu wisata. Selama ini, perahu wisata Kalimas baru beroperasi di wilayah selatan. Di sekitar Taman Prestasi Surabaya. ”Kalau dengan bendungan ini, trayek perahu wisatanya bisa diperpanja­ng,” terangnya.

 ?? DITE SURENDRA/ JAWA POS ?? TAHAN BANJIR: Proyek pintu air dan rumah pompa bakal dibangun 200 meter dari Jembatan Petekan. Proyek tersebut dibangun minggu depan.
DITE SURENDRA/ JAWA POS TAHAN BANJIR: Proyek pintu air dan rumah pompa bakal dibangun 200 meter dari Jembatan Petekan. Proyek tersebut dibangun minggu depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia