Jawa Pos

Cair Itu Pasti, Imbau Warga Bersabar

Soal Pembebasan Lahan untuk JLLB di Sememi

-

SURABAYA – Sekitar 100 persil lahan akan dibebaskan untuk pembanguna­n jalan lingkar luar barat (JLLB). Lahan-lahan tersebut merupakan milik warga Sememi Jaya Gang IX, Benowo. Mereka sudah sepakat. Namun, mereka diminta bersabar karena tim appraisal yang bertugas melakukan penilaian harga masih dalam tahap pelelangan oleh dinas pekerjaan umum (PU).

Lurah Sememi Ferdhie Ardiansyah mengatakan, ada sebagian warga yang sudah sepakat. Mereka meminta segera dilakukan penilaian harga. ’’Kami meminta agar mereka sabar dulu,’’ katanya. Sebab, dinas PU masih menunjuk tim.

Setelah timnya ditunjuk, Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan memberikan surat kepada tim tersebut terkait dengan penilaian lahan warga. Menurut Ferdhie, dinasPUnan­tikembalim­engundang warga terkait dengan pengumuman harga.’’Nantisemua­nyadisampa­ikan secara terbuka kok,’’ ucapnya kemarin (3/7).

’’Yang dinilai juga bukan hanya tanah, tetapi seluruh isi bangunan,’’ lanjutnya.

Ferdhie menuturkan, warganya yang sudah sepakat adalah yang tinggal di Sememi Jaya Gang IX. Dia juga mengimbau warganya untuk bersabar. ’’Itu pasti kok, jangan khawatir,’’ ujarnya.

Sementara itu, warga yang belum sepakat dibebaskan lahannya, jika ingin segera diukur, bisa mendatangi pemkot. Atau, dalam hal ini kelurahan. ’’Nanti kami arahkan terkait hal itu,’’ katanya.

Semakin cepat sepakat, sebetulnya warga bisa diuntungka­n. Mereka bisa segera mencari tanah baru. ’’Kalau tidak segera sepakat kan kalau cari tanah baru harganya pasti naik,’’ tuturnya. Pihak kecamatan dan kelurahan akan melakukan sosialisas­i kembali kepada warga terkait dengan itu.

 ?? GALIH COKRO / JAWA POS ?? BARU SEBAGIAN: Kondisi JLLB yang sudah jadi. Proses pembanguna­n dan pembebasan lahan terus berlangsun­g sampai sekarang.
GALIH COKRO / JAWA POS BARU SEBAGIAN: Kondisi JLLB yang sudah jadi. Proses pembanguna­n dan pembebasan lahan terus berlangsun­g sampai sekarang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia