Jawa Pos

Pembunuh Bunta Mantan Juru Masak CRU

Gajah Jinak yang Diambil Gadingnya

-

– Kepolisian Aceh Timur menetapkan dua tersangka dalam kasus pembunuhan gajah bunta di area conservati­on response unit (CRU) awal Juni lalu. Ada empat pelaku yang terlibat. Dua di antaranya berinisial AMR alias BW, 27, dan AL, 35, warga Desa Seumenah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur. Sementara itu, dua lainnya masih buron.

’’BW berperan sebagai orang yang memberikan buah kuweni beracun kepada bunta. Sementara AL terlibat dalam perencanaa­n membunuh bunta hingga penguburan gading,’’ kata Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro.

Kapolres menyebutka­n, BW merupakan salah seorang mantan juru masak yang bertugas di CRU. Fakta itu sangat ironis. Sebab, CRU dibangun sebagai solusi untuk menyelesai­kan konflik antara gajah dan manusia. Apalagi, BW sempat dipercaya menjadi asisten mahout atau pawang.

Kepada polisi, BW mengaku nekat menghabisi bunta karena faktor ekonomi. ’’Motif sementara karena ekonomi. Pun demikian kami terus melakukan pengembang­an lanjut untuk mencari siapa saja yang terlibat dalam jaringan ini,’’ kata Wahyu.

Sebagai barang bukti, sambung Kapolres, pihaknya mengamanka­n 1 gading gajah dengan berat 12 kilogram serta 2 baju, 1 unit motor, dan sebilah parang yang digunakan tersangka saat mengekseku­si gajah bunta. ’’Untuk kedua tersangka dikenakan pasal 21 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemn­ya dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,’’ imbuh Wahyu.

Direktur Konservasi Keanekarag­aman Hayati Ditjen KSDAE Drh Indra Exploitasi­a KKH mengungkap­kan bahwa pihaknya wajib ikut menyelesai­kan kasus tersebut. Sebab, gajah itu merupakan satwa liar yang dilindungi­UUNo5Tahun­1990tentan­g KSDAH&E.

 ?? MAULANA/ RAKYAT ACEH ?? BERNILAI JUAL: Tim Polres Aceh Timur dan KLHK memamerkan gading gajah bunta yang mati karena diracun.
MAULANA/ RAKYAT ACEH BERNILAI JUAL: Tim Polres Aceh Timur dan KLHK memamerkan gading gajah bunta yang mati karena diracun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia