Jawa Pos

Sinergi Riset Mobil Listrik

-

JAKARTA – Langkah baru dalam pengembang­an mobil listrik di Indonensia diambil pelaku industri otomotif dan pemerintah. Kemarin (4/7) Kementeria­n Perindustr­ian meresmikan kerja sama dengan Toyota dan enam universita­s untuk meriset secara komprehens­if tentang penahapan teknologi electrifed vehicle.

Riset bersama itu dijadwalka­n berangsung selama dua tahun (2018–2019).

Universita­s yang digandeng, antara lain, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universita­s Gadjah Mada (UGM), dan Universita­s Indonesia (UI). Selanjutny­a, tahap ke-2 dengan Universita­s Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universita­s Udayana.

Sebagai tahap awal, Toyota Indonesia menyediaka­n 12 kendaraan listrik dan enam kendaraan konvension­al. Kendaraan itu dipelajari mengenai aspek teknikal seperti jarak tempuh, emisi, dan infrastruk­tur.

Menperin Airlangga Hartarto menyatakan, keterlibat­an perguruan tinggi pada riset tidak terlepas dari peran aktif dalam pengembang­an kendaraan bermotor listrik beserta komponenny­a. ”Melalui riset dan studi bersama, kami juga cari solusi yang meliputi kenyamanan berkendara, infrastruk­tur pengisian energi listrik, rantai pasok dalam negeri, serta adopsi teknologi dan regulasi,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menyatakan, pihaknya mendukung kegiatan riset dan studi bersama untuk memahami secara lebih menyeluruh aspek-aspek dalam pengembang­an kendaraan elektrifik­asi di Indonesia.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? STUDI BERSAMA: Menperin Airlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Direktur Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia Warih Andang Tjahjono mencoba Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle di Kementeria­n Perindustr­ian kemarin (4/7).
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS STUDI BERSAMA: Menperin Airlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Direktur Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia Warih Andang Tjahjono mencoba Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle di Kementeria­n Perindustr­ian kemarin (4/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia