Jawa Pos

AYO BALAS, GINTING!

Hari Ini Melawan Kento Momota

-

JAKARTA – Gemuruh Istora Senayan harus bisa menjadi energi tambahan bagi Anthony Sinisuka Ginting hari ini. Juara Indonesia Masters 2018 tersebut akan menghadapi Kento Momota, tunggal putra terbaik Jepang, pada babak kedua Blibli Indonesia Open 2018.

Itu adalah kesempatan Ginting untuk membalas dendam kepada Momota. Pada babak pertama Malaysia Open 2018 pekan lalu, Ginting kalah oleh Momota dengan rubber game 21-12, 17-21, 14-21. Headto-head mereka 2-1 untuk keunggulan Momota.

Kekalahan Ginting lainnya terjadi di perempat final Indonesia Open 2015. Juga dengan rubber game. Saat itu Momota keluar sebagai juara. Ginting bisa mengalahka­n Momota di babak kedua Hongkong Open 2015. Ketika itu Ginting menang dua set langsung 21-7, 21-15.

Ginting menilai cara bermain Momota berbeda di Indonesia Open kali ini. ’’Kondisi lapangan dan shuttlecoc­k berbeda. Jaga fokus saja sampai pertanding­an selesai,’’ kata pemain 22 tahun itu.

Dalam lanjutan babak pertama kemarin (4/7), delapan wakil Indonesia memastikan satu tempat pada babak 16 besar yang berlangsun­g hari ini. Melengkapi wakil yang sudah menang pada hari pertama. Fajar Alfian/M. Rian Ardianto memberikan kejutan setelah menggebuk Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, juara Malaysia Open 2018, dengan rubber game 21-18, 14-21, 21-18.

’’Main di Istora selalu menyenangk­an. Saya mungkin agak kurang di power. Perlu ditambah untuk menghadapi Asian Games,’’ terang Fajar.

Sementara itu, Ricky Karandasuw­ardi, satu-satunya pemain Indonesia yang bermain rangkap pada turnamen kali ini, belum terbendung. Di nomor ganda putra, dia tampil bersama Angga Pratama. Kemudian, di ganda campuran, Ricky berduet dengan Debby Susanto.

’’Ricky berkembang cukup pesat. Penempatan bolanya juga lebih konsisten,’’ ujar Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra Indonesia. Tipikal Ricky yang selalu tampil sebagai tukang gebuk terasah di sektor ganda campuran.

Kemarin Ricky/Angga berhasil membalaska­n dendam Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atas ganda Tiongkok He Jiting/Tan Qiang. Pada Malaysia Open 2018 pekan lalu, ganda Tiongkok itu menghentik­an Marcus/Kevin di babak perempat final. Ricky Angga menang dengan rubber game 16-21, 21-17, 26-24. Hari ini, Ricky/ Angga menghadapi pasangan kuat lagi, Mads ConradPete­rsen/Mads Pieler Kolding dari Denmark.

Marcus/Kevin sendiri kemarin melaju ke babak kedua setelah mengalahka­n rekan sesama pelatnas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam tiga set 21-16, 18-21, 21-10. Di babak kedua, The Minions akan melawan pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Secara umum, Indonesia memang memiliki peluang yang lebih besar di sektor ganda, khususnya ganda putra. Ada empat pasangan yang berjuang di babak 16 besar hari ini.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? REVANS: Ekspresi Antony Sinisuka Ginting saat melawan pemain Belanda Mark Caljouw. Pertanding­an berakhir dengan skor 21-9, 21-17 untuk kemenangan pebulu tangkis Indonesia.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS REVANS: Ekspresi Antony Sinisuka Ginting saat melawan pemain Belanda Mark Caljouw. Pertanding­an berakhir dengan skor 21-9, 21-17 untuk kemenangan pebulu tangkis Indonesia.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia